nusabali

Diesel One Solidarity Berbagi Kasih Bersama Panti Asuhan Sidhi Astu

  • www.nusabali.com-diesel-one-solidarity-berbagi-kasih-bersama-panti-asuhan-sidhi-astu

DENPASAR, NusaBali.com – Puluhan anak-anak Panti Asuhan Sidhi Astu menunjukkan senyum kebahagiaannya. Pasalnya pada Senin (31/10/2022), kedatangan pengusaha muda asal Jakarta, Dicky Yohanes.

Pengusaha yang bergerak di bidang pengadaan spareparts alat-alat berat hingga merambah bisnis pertambangan ini merayakah ulang tahun ke-38 dengan mengunjungi panti asuhan berlokasi di Dalung, Kuta Utara.

Owner Diesel One Group tersebut mengungkapkan sengaja merayakan HUT dengan program berbagi dengan anak-anak panti asuhan dan mereka yang  berkekurangan.

"Untuk di Bali, panti asuhan yang dipilih adalah Panti Asuhan Sidhi Astu. Kami bukan hanya mengirim atau memberikan barang, melainkan langsung ke lokasi untuk ikut merasakan bahwa masih ada orang yang membutuhkan uluran kasih tangan sesama umat manusia," ujar Dicky Yohanes, Kamis (3/11/2022).

Alumnus Sekolah Katolik Tarakanita dan Pangudi Luhur tersebut  mengaku sangat terkesan dan bangga saat bertemu anak-anak panti asuhan dan para pembimbingnya yang juga biarawati. 

Menurut Dicky, kebiasaan untuk berbagi di perayaan ulang tahun berawal dari nasihat kerabat dekatnya. Ia dinasihati bahwa saat ulang tahun itu harus berbagi. Dilarang untuk melakukan pesta atau party.

"Saya ingat saat itu saya dinasihati saat saya masih merintis usaha. Bahwa kalau ulang tahun tidak boleh party melainkan harus berbagi," ucap pengusaha yang merangkak dari bawah sejak tahun 2000an ini. 

Sejak itu setiap kali kalau ulang tahun, ia bersama timnnya terus berbagi. Hal ini sudah berlangsung selama 11 tahun terakhir. Dan dalam lima tahun terakhir, ketika sudah memiliki tim CSR yang kuat, semua sudah tertata dengan baik.

Saat ini melalui Diesel One Solidarity yang merupakan bagian dari Diesel One Group, timnya sudah melakukan banyak hal. Beberapa di antaranya adalah program pendidikan berupa beasiswa, program lingkungan hidup termasuk bantuan bencana alam, dan berbagai bantuan kemanusiaan lainnya.  

"Diesel One Solidarity sudah terbentuk sejak beberapa tahun lalu dan kita rutin menggelar aksi sosial langsung di lapangan," ujarnya.

Ia mengisahkan, berbagi kasih sudah dilakukan sejak lama. Di Jakarta,  saat menjelang ulang tahun tanggal 31 Oktober, Diesel One Jakarta melakukan aksi sosial dari malam sampai subuh untuk membagi-bagikan 200 paket sembako untuk anak jalanan dan orang yang tidur di jalan. 

Timnya bergerak di malam hari menyasar warga yang tidak memiliki tempat tinggal yang layak. Tidak jarang dirinya bersama timnnya harus bekerja semalaman untuk bertemu langsung anak-anak yang kekurangan. 

Beberapa hari lalu juga Diesel One Solidarity memberikan ratusan paket sembako bagi anak-anak NTT yang di Bali dengan tema  ‘Each Day is a Gift’. 

Sebab ia berkeyakinan, sekalipun pariwisata Bali sudah mulai normal, namun kondisi pandemi Covid-19 selama dua tahun banyak perusahaan yang belum stabil. Ini berdampak bagi anak-anak NTT di Bali, yang selama ini bekerja di sektor pariwisata. 

Pembina Forum Pemuda NTT (FPN) Seluruh Indonesia ini menunjukkan kepedulian yang sangat tinggi bagi warga yang tidak mampu. Untuk di Bali, aksi sosial sudah pernah dilakukan sebelumnya yakni donor darah dan pembagian sembako. Koordinasi dilakukan melalui FPN Bali. 

Saat ini FPN Bali dikomandoi Kristianus Bali dan didampingi Founder FPN Dionisius Ndale atau yang lebih dikenal dengan panggilan Teja. Sekalipun FPN sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, namun baru di Bali saja yang dibagikan sembako. 

Menurut Dicky, saat ini manajemen CSR sudah sangat mantap sehingga berbagai kegiatan sosial sudah bisa tercover dengan baik dan lebih tertata. Untuk FPN Bali, Diesel One Solidarity terketuk untuk sekadar meringankan beban masyarakat dengan menggelar aksi sosial bagi-bagi sembako. 

"Diesel One Solidarity mensyukuri kasih Tuhan atas hari jadi yang baru. Kita menyadari bahwa setiap hari adalah sebuah hadiah dari Yang Kuasa, untuk kita bisa bertumbuh dan berkembang, dan sudah sepantasnya kita mensyukuri hal tersebut dengan berbagi kasih dengan sesama," tutupnya.

Komentar