nusabali

Verifikasi Keanggotaan Parpol, Hanura Buleleng Dinyatakan MS

  • www.nusabali.com-verifikasi-keanggotaan-parpol-hanura-buleleng-dinyatakan-ms

SINGARAJA, NusaBali.com - Akhirnya tahapan verifikasi faktual keanggotaan partai politik (parpol) bisa dilewati oleh DPC Partai Hanura Kabupaten Buleleng. Sebanyak 273 anggota sudah menjalani verifikasi faktual dan kesemuanya dinyatakan memenuhi syarat (MS).

“Astungkara, semua kader yang menjadi anggota Partai Hanura sebagaimana diunggah dalam Sipol (Sistem Informasi Partai Politik, Red) KPU RI sudah diverifikasi,” kata Ketua DPC Partai Hanura Buleleng, Gede Wisnaya Wisna, Kamis (3/11/2022).

Verifikasi faktual keanggotaan parpol nonparlemen ini dilakukan setelah KPU Kabupaten Buleleng melakukan verifikasi faktual kepengurusan hingga administrasi kantor parpol di Kabupaten Buleleng yang tahapannya dimulai pada 16 Oktober 2022. Dengan berakhirnya tahapan verifikasi keanggotaan pada Jumat (4/11/2022), kini Hanura Buleleng sudah bisa bernafas lega.

“Melalui kerja keras semua pihak, terutama dukungan dari Fraksi Partai Hanura di DPRD Buleleng, tahapan ini sudah kami lewati,” kata Wisnaya yang juga anggota Komisi I DPRD Buleleng ini.

"Terima kasih juga untuk segenap pengurus DPC Hanura Buleleng sehingga kami bisa melewati tahapan ini. Dan tentu saja terima kasih untuk seluruh PAC (Pengurus Anak Cabang) yang menjadi ujung tombak partai di lapangan," tambah Wisnaya.

Verifikasi keanggotaan ini menjadi tantangan bagi sejumlah parpol. Pasalnya dari seperseribu jumlah penduduk yang menjadi anggota parpol sebuah kabupaten/kota, nama-namanya diunggah ke Sipol KPU RI. Selanjutnya, sampling anggota parpol yang akan diverifikasi ditentukan oleh KPU RI.

Dalam beberapa kasus yang marak terjadi, anggota yang hendak disampling tidak ada di tempat. Bahkan tidak tahu-menahu namanya dicatut menjadi anggota parpol. 

“Karenanya kami sangat bersyukur sebanyak 273 anggota kami yang dijadikan sampling, seluruhnya dinyatakan MS alias memenuhi syarat,” ujar ketua parpol yang sebelumnya mengabdi untuk Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada masa BJ Habibie ini.

Saat menjalani verifikasi keanggotaan di kediaman masing-masing, para kader di 9 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Buleleng, bisa menunjukkan kartu anggota dan kesesuaiannya dengan e-KTP. 

Hasil verifikasi keanggotaan parpol secara keseluruhan masih dilakukan perekapan dan hasilnya secara resmi akan diumumkan oleh KPU Buleleng pada Rabu (9/11/2022) mendatang.

“Kami juga berharap kelancaran hingga pengumuman resmi dari KPU RI bulan Desember mendatang, sehingga Hanura resmi dan sah sebagai parpol peserta Pemilu 2024,” tegas Wisnaya. 

Sebelum pelaksanaan verifikasi keanggotaan parpol, KPU Kabupaten Buleleng dengan masing-masing tim yang dipimpin oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Buleleng melaksanakan verifikasi faktual kepengurusan di masing-masing Sekretariat Parpol, 16-18 Oktober 2022.

Pada Minggu (16/11/2022) dilakukan verifikasi faktual Partai Kebangkitan Nusantara dan Partai Ummat, kemudian di hari kedua Senin (17/10/2022) tim verifikator mendatangi Partai Buruh, Partai Hanura dan PSI. Sedangkan di hari ketiga, Rabu (18/10/2022),  tim verifikator mendatangi  Partai Gelora, PBB, Partai Perindo,dan Partai Garuda.

Tim Verifikator KPU Kabupaten Buleleng diterima langsung oleh masing-masing Ketua  Partai Politik, Sekretaris, Bendahara , beserta jajaran pengurus partai di kabupaten masing-masing sekretariat.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada KPU Kabupaten Buleleng dan juga Bawaslu Kabupaten Buleleng. Walau cuaca tidak begitu baik, namun tetap bersemangat dalam menjalankan tahapan verifikasi faktual," pungkas Wisnaya.

Komentar