nusabali

Universitas Dwijendra Kerja Sosial di Desa Kemenuh

  • www.nusabali.com-universitas-dwijendra-kerja-sosial-di-desa-kemenuh

GIANYAR, NusaBali
Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Dwijendra melaksanakan Kerja Sosial (Kersos) bertema ‘Membangun Agribisnis dalam Penguatan Subak dan Peternak’ di Subak Teba, Banjar Tengkulak Mas, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Rabu (2/11).

Kersos dihadiri langsung Rektor Universitas Dwijendra Dr Ir Gede Sedana MSc MMA, Dekan Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Dwijendra Dr Ir Ni Ketut Karyati MP, Ketua LPPM Universitas Dwijendra Dr Ni Made Intan Maulina SPMP, para dosen, dan mahasiswa.

Kersos dihadiri Perbekel Desa Kemenuh I Dewa Nyoman Neka, koordinator BPP Kecamatan Sukawati Nyoman Redana, Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Gianyar Drh Nyoman Arya Dharma, dan petani. Kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian civitas akademika Universitas Dwijendra terhadap dunia pertanian, khususnya dalam membangun agribisnis untuk memperkuat subak dan peternak. “Membangun pertanian perlu kerja sama yang menyeluruh dengan berbagai komponen seperti petani dan peternak termasuk stakeholder pemangku kebijakan,” ungkap Dr Gede Sedana.

Dr Gede Sedana mengungkapkan, pertanian tidak lepas dari budaya setempat. “Subak yang telah diakui dunia harus diperkuat demi menunjang kesejahteraan para petani. Agribisnis dalam subak harus dikembangkan untuk meningkatkan keekonomian bahan pangan dan pendapatan petani,” jelasnya. Konsep subak yang mengedepankan pertanian organik sangat diperlukan untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan. Petani harus bekerja sama dengan BUMDES guna meningkatkan kemandirian ekonomi. Kegiatan juga diisi praktek vaksinasi PMK pada sapi, babi, dan kambing oleh UPTD Puskeswan Wilayah III Kabupaten Gianyar, HKTI Kabupaten Gianyar, dan panitia. *nvi

Komentar