nusabali

Pelabuhan Padangbai Siaga Amankan KTT G20

  • www.nusabali.com-pelabuhan-padangbai-siaga-amankan-ktt-g20

AMLAPURA, NusaBali
Pintu gerbang masuk di bagian timur, yakni Pelabuhan Padangbai Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem juga tak kalah siaga jelang perhelatan puncak KTT G20 15-16 November mendatang.

Apel gelar pasukan terkait pengamanan KTT G20 dilaksanakan Polres Karangasem di parkir Pelabuhan Padangbai, Rabu (2/11) pukul 09.00 Wita. Bertindak sebagai pembina apel Kapolres Karangasem AKBP Ricko AA Taruna. Juga dihadiri Bupati Karangasem I Gede Dana, Ketua DPRD I Wayan Suastika, Dandim Letkol Inf Sutikno, dan lainnya.

Kapolres AKBP Ricko AA Taruna menekankan kerawanan yang perlu diantisipasi bisa mengganggu jalannya KTT G20, di antaranya kelompok teroris, masyarakat yang kontra pelaksanaan G20, masih adanya kasus PMK (penyakit mulut dan kuku), masih adanya Covid-19, cuaca ekstrem dan lain-lain.

“Makanya tingkatkan patroli, jaga kondisi agar seluruh anggota tetap sehat dan bugar,” jelas Kapolres AKBP Ricko AA Taruna. Khusus di Pelabuhan Padangbai katanya pengamanan dilakukan selama 8-17 November 2022.

Keamanan di Bali katanya jadi jaminan kelancaran pelaksanaan KTT G20 yang dihadiri sejumlah pemimpin Dunia. Maka dari itu sekecil apapun tanda-tanda yang mengarah gangguan kamtibmas, agar ditertibkan. Pengamanan katanya bukan saja memantau keluar masuk penumpang di Pelabuhan Padangbai selama 24 jam, juga lakukan patroli di laut agar tidak memanfaatkan pelabuhan rakyat sebagai tempat penjahat untuk beraksi.

Khusus di Pelabuhan Padangbai, telah dilengkapi CCTV (closed circuit television), di samping dijaga di empat pos, dan jalur keluar masuk pelabuhan dipersempit dengan  menggunakan satu jalur, dijaga petugas secara khusus. Sehingga semua penumpang yang lalulalang terpantau 24 jam, baik pengendara maupun pejalan kaki. Usai apel selanjutnya rombongan menuju Dermaga Rakyat Padangbai, naik speed boat melakukan patroli laut melintasi Tanjung Sari, Tanjung Jepun, Teluk Labuhan Amuk, dan tiba di Dermaga Kapal Pesiar Tanah Ampo, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis.

Di Pelabuhan Padangbai sendiri dijaga 200 anggota polisi, tiap shift dijaga 100 anggota polisi, sehingga selama 24 jam, penjagaan optimal dilakukan. Usai apel, hadir sejumlah petugas dari Inafis (Indonesia Automatic Fingerprint System) Mabes Polri, diantar Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai Kompol I Made Suadnyana untuk menambah pemasangan CCTV. *k16

Komentar