nusabali

Bersama Krama Subak Kebon, Bhabinkamtibmas Sobangan Ikut Perbaiki Saluran Air

  • www.nusabali.com-bersama-krama-subak-kebon-bhabinkamtibmas-sobangan-ikut-perbaiki-saluran-air
  • www.nusabali.com-bersama-krama-subak-kebon-bhabinkamtibmas-sobangan-ikut-perbaiki-saluran-air

MANGUPURA, NusaBali.com – Bhabinkamtibmas Desa Sobangan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Aiptu I Nyoman Suartawan ikut turun ke parit perbaiki saluran air Subak Kebon yang terdampak cuaca ekstrem.

Subak yang terletak di Banjar Tengah, Desa Sobangan tersebut mengalami masalah irigasi ketika bendungan subak mengalami kerusakan akibat hujan deras. Kondisi cuaca yang terjadi pada paruh akhir bulan Oktober tersebut membuat saluran air menuju subak tertimbun sampah plastik, endapan lumpur, juga batang pohon.

Kelian Subak Kebon yang akrab disapa Ajik Ngurah, 50, menyatakan bahwa kegiatan gotong-royong bersama krama subak dan Bhabinkamtibas Desa Sobangan Aiptu Suartawan ini dilakukan agar saluran vital yang menjadi gantungan hidup para petani dapat segera dialiri air.

“Kami mengadakan gotong-royong untuk memperbaiki saluran air dan bendungan agar saluran ini dapat segera difungsikan kembali,” terang Ajik Ngurah di sela-sela kegiatan, Selasa (1/11/2022) pagi.

Sementara itu, selaku Bhabinkamtibmas Desa Sobangan yang mana wilayah Subak Kebon tersebut masih berada di wilayah pembinaannya maka Aiptu Suartawan pun tak sungkan ikut turun langsung ke parit sembari membawa sekop.

Terlihat Aiptu Suartawan berkontribusi membersihkan sisa endapan tanah, pasir, dan lumpur di saluran parit menuju subak. Tampak pula krama subak dengan perkakas masing-masing ada yang membersihkan parit hingga menepikan batang pohon yang tersangkut di saluran air.

“Saluran air ini sangat penting bagi petani di sini. Harus dapat segera difungsikan. Kalau tidak selesai hari ini, dilanjutkan besok sampai bisa digunakan kembali” tandas Aiptu Suartawan di sela-sela kegiatan.

Komentar