nusabali

Desa Undisan Juara 3 Kategori Desa Wisata Maju

Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

  • www.nusabali.com-desa-undisan-juara-3-kategori-desa-wisata-maju

BANGLI, NusaBali
Desa Wisata Undisan, Kecamatan Tembuku, Bangli, meraih juara 3 kategori Desa Wisata Maju, dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, didampingi Ny Suciati Diar,  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangli I Wayan  Sugiarta, beserta pengurus Desa Wisata Undisan, menerima penghargaan ADWI Tahun 2022 tersebut, Minggu (30/10).

ADWI tahun 2022 diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf),  dipusatkan di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat. Pada kesempatan tersebut hadir pula Wakil Gubernur Bali Tjokorda Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) beserta seluruh kepala daerah dan pengurus Desa Wisata Seluruh Indonesia yang menerima ADWI Tahun 2022.

Dua Desa Wisata di Bali yang mendapatkan penghargaan dalam malam ADWI 2022 itu, yakni Desa Wisata Undisan sebagai juara 3, dan Desa Wisata Sudaji, Buleleng sebagai juara 2 dalam kategori Desa Wisata Maju ADWI 2022,  Juara Pertama diraih oleh Desa Wisata Semen di Blitar, Jawa Timur.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan selamat dan mengapresiasi 50 desa wisata terbaik dari 3.000 lebih desa wisata yang berpartisipasi tahun ini. "Ada 3.419 desa wisata yang telah mengikuti ADWI 2022 dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Kami memberi apresiasi khusus kepada pemerintah dan kepala daerah yang telah menggali potensi desa wisata," ungkapnya.

Disampaikan, ADWI bertujuan untuk menumbuhkan motivasi pengelola    desawisata untuk selalu melakukan inovasi dan kreatifitas. Berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, pelestarian lingkungan dan budaya sebagai bentuk penerapan Pariwisata berkelanjutan.

"Kegiatan ini untuk mendorong pemerintah    daerah untuk melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi    guna mewujudkan pencapaian pembangunan pariwisata nasional," jelasnya.

Menparekraf menambahkan, ada tujuh aspek penilaian untuk desa terbaik dengan empat kategori tambahan. Ketujuh aspek tersebut  mencakup desa wisata terbaik kategori kelembagaan desa, daya tarik pengunjung, chse, souvenir, digital dan kreatif, homestay, dan toilet umum. kemudian tiga kategori tambahan adalah desa wisata rintisan, desa wisata berkembang, desa wisata maju.

Terakhir, desa dengan kategori desa terfavorit yang diputuskan berdasarkan jumlah vote terbanyak melalui netizen dan perolehan likes di YoutTube Kemenparekraf, 24 - 28 Oktober 2022.

Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar merasa bangga atas capaian yang telah diraih oleh Desa Wisata Undisan. Atas nama Pemkab Bangli, dia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan bekerja keras, sehingga desa wisata Undisan bisa meraih juara 3 Kategori Desa Wisata Maju dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2022 ini.

Saat ini, Pem Bangli melalui Visi Nangun Sat Kerti Loka Bali di Kabupaten Bangli Menuju Bangli Era Baru sedang melakukan berbagai lompatan pembangunan. Meliputi pembangunan infrastruktur, pembangunan Alun-alun Bangli, pembangunan gedung-gedung pemerintahan, pembangunan pasar, pembangunan RSUD Bangli, pembangunan gedung DPR termasuk pembangunan penunjang pariwisata.*esa

Komentar