nusabali

Atasi Sampah, Tabanan Segera Sewa Alat Berat

  • www.nusabali.com-atasi-sampah-tabanan-segera-sewa-alat-berat

TABANAN, NusaBali
Berulangkali ekskavator sampah di TPA Mandung mengalami kerusakan, membuat Tabanan dipenuhi sampah di berbagai sudut kota.

Penumpukan sampah terjadi di sejumlah titik utamanya di TPS. Untuk mengatasinya, Tabanan berencana menyewa alat berat.

"Sesuai arahan pimpinan untuk mengatasi alat berat yang rusak, kami akan sewa. Pak DLH (Kadis Lingkungan Hidup, Red) sudah diminta untuk mencari segera," ujar Sekda Tabanan Gede Susila, Senin (31/10).

Biaya sewa alat berat akan diupayakan dengan APBD melalui dana BTT (Belanja Tidak Terduga). "Kami meminta masyarakat memaklumi, karena alat berat yang kita punya mogok. Saat ini sedang proses perbaikan tapi belum nyala-nyala. Mudah-mudahan besok sudah bisa hidup," harapnya.

Sekda Susila menegaskan, penanganan sampah di TPA Mandung harus dilakukan penataan. Sesuai rencana jika alat berat yang disewa sudah datang, penanganan jangka pendeknya akan membuat jalan ke arah timur untuk bisa truk pengangkut sampah masuk. "Saya sudah cek tadi ke TPA, masih ada ruang kosong ke arah timur. Jadi nanti kita akan buat jalan sedikit masuk sehingga sampah bisa didorong ke timur," tegasnya.

Sementara untuk jangka pendeknya tentu harus menerapkan Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2019 tentang Pengolahan Sampah Berbasis Sumber. "Kita harus mengimplementasikan aturan ini karena sampah kita harus selesai di kita," katanya.

Sementara itu terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabanan, I Gusti Putu Ekayana mengatakan, tim masih memperbaiki alat berat tersebut. Sebelumnya alat berat ini sudah sempat hidup, namun kembali mati. "Sekarang dibongkar lagi, sebelumnya perbaikan sudah selesai dilakukan. Baru mau dihidupkan mati lagi, sehingga kembali rusak sampai sekarang," ungkap Ekayana. *des

Komentar