nusabali

Hanura Simulasikan Raihan 45 Kursi Kabupaten/Kota se-Bali pada Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-hanura-simulasikan-raihan-45-kursi-kabupatenkota-se-bali-pada-pemilu-2024

DENPASAR, NusaBali.com – Verifikasi faktual partai politik (parpol) pada tahapan verifikasi keanggotaan masih berlangsung hingga Jumat (4/10/2022). Namun begitu, persiapan jauh ke depan tetap menjadi rancangan parpol untuk kontestasi Pemilu 2024.

Partai Hanura misalnya, saat ini terus gerilya untuk mendapatkan tokoh-tokoh yang bisa menjadi vote getter pada pesta demokrasi lima tahunan mendatang.

“Seluruh DPC kabupaten/kota dan melalui PAC di kecamatan sudah memetakan dan merekrut sejumlah wajah tak asing di masyarakat,” kata Ketua DPD Partai Hanura, I Kadek Arimbawa, Senin (31/10/2022).

Kalkulasi yang dicanangkan Hanura pada Pemilu 2024, lanjut Arimbawa, memang sangat tinggi dibandingkan raihan kursi pada Pemilu legislatif 2019.

“Target di Bali adalah 45 kursi DPRD Kabupaten/Kota atau masing-masing bisa membentuk 1 fraksi,” tegas ketua parpol yang akrab disapa Lolak ini.

Jika ini terealisir, berarti peningkatan suara akan signifikan dibanding saat ini yang hanya memiliki 15 kursi di Kabupaten/Kota. “Ya berdasarkan Rapimda lalu, tiap DPC sudah mem-break down target. Total itu tadi, target naik tiga kali lipat,” kata Lolak bersemangat.

Bahkan kursi untuk DPRD Provinsi juga ditarget naik banyak. Jika saat ini hanya diisi I Wayan Arta  dari Dapil Buleleng, maka untuk Pemilu mendatang Lolak memasang di angka 4 hingga 5 kursi.

Tidak itu saja, pencanangan comeback ke Senayan juga menjadi amanat Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta yang siap diwujudkan. “Seluruh DPD se-Indonesia siap mengamankan lolos ambang batas parlemen sehingga mengantar Hanura kembali ke DPR RI,” cetus Lolak.

Sementara itu Sekretaris Hanura Bali, Gde Wirajaya Wisna, menyebut jika kalkulasi Hanura mungkin disebut terlalu tinggi. Namun diungkapkan jika kalkulasi ini juga berdasar hitungan cermat.

“Pada  Pemilu 2019 kami kehilangan kursi cukup banyak, jadi kami ingin mengembalikan lagi lebih banyak kursi  di tahun 2024,” kata politisi asal Singaraja, Buleleng ini.

Hal ini, lanjut Wirajaya, juga didasari dengan semagat yang ditunjukkan oleh sembilan DPC Kabupaten/Kota se-Bali. “Semuanya antusias dan bersemangat. Apalagi PAC-PAC yang menjadi ujung tombak di lapangan juga sangat bersemangat,” tegas Wirajaya.


Komentar