nusabali

Buku ASEAN Mulai Disosialisasikan di Pendidikan Dasar dan Menengah

  • www.nusabali.com-buku-asean-mulai-disosialisasikan-di-pendidikan-dasar-dan-menengah

JAKARTA, NusaBali
Perpustakaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal ASEAN, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Pusat Perbukuan Kemendikbudristek melakukan sosialisasi Buku Pengajaran ASEAN bagi Pendidikan Dasar dan Menengah Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudriste.

Anang Ristanto menjelaskan bahwa pengupasan buku pengajaran ini untuk membantu guru dalam menyebarkan pengetahuan, mengembangkan keterampilan, serta membangun perilaku positif siswa tentang ASEAN.

“Pengupasan buku ajar ini juga bermaksud untuk mendorong guru agar memahami secara utuh pengetahuan mengenai ASEAN, seraya mengenalkan manfaat dan arti penting ASEAN sejak dini kepada siswa di jenjang pendidikan dasar dan menengah,” jelas Anang dalam Webinar Bincang Perpusdikbudristek dengan tema “ASEAN dan Kita: Melangkah Maju Bersama” Selasa (25/10).

Pada kesempatan yang sama, Wijanarko selaku Koordinator Penyusunan, Pengembangan, dan Penilaian Buku PAUD, Pendidikan Khusus, dan Vokasi, Pusat Perbukuan Kemendikbudristek mengatakan bahwa kerja sama yang dilakukan oleh Kemendikbudristek dengan Kementerian Luar Negeri yang menghasilkan buku ajar pendidikan yang berkaitan dengan ASEAN merupakan salah satu fungsi dari Pusat Perbukuan di mana penyusunan buku pendidikan sebagai implementasi kurikulum serta peningkatan kualitas literasi masyarakat.

“Buku ajar ASEAN kami klasifikasikan ke dalam buku nonteks dimana lebih fleksibel dan bisa digunakan tidak terikat dengan kurikulum yang terbaru dan bisa diimplementasikan di pendidikan dasar dan pendidikan menengah,” ungkap Wijanarko.

Carolina Tinangon, Sekretaris Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN, Kemenlu menyampaikan apresiasinya terkait kerja sama yang sudah dilakukan oleh Kemendikbudristek dengan Kemenlu dengan terbitnya buku ajar ini. “Saya apresiasi kerja sama ini karena sudah sangat baik sehingga bisa menerbitkan sebuah buku yang bisa menjadi momentum untuk kita di mana bertepatan dengan akan diselenggarakannya Keketuaan ASEAN Tahun 2023 nanti,” ucapnya. *rez

Komentar