nusabali

Dinas Pertanian Gianyar Gelar Vaksinasi di Desa Bedulu

  • www.nusabali.com-dinas-pertanian-gianyar-gelar-vaksinasi-di-desa-bedulu

GIANYAR, NusaBali
Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Pertanian Gianyar melakukan vaksinasi anjing di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Sabtu (29/10).

Vaksinasi rabies menyasar 350 anjing. Kepala UPTD Keswan Wilayah IV, drh Made Aryadharma mengatakan vaksinasi rabies secara bergilir. “Hari pertama di Banjar Tengah dan Banjar Goa, selanjutnya bergilir di tiap banjar di Desa Bedulu,” jelas drh Aryadharma, Minggu (30/10).

Bidang Keswan Dinas Pertanian Gianyar menyiapkan 400 dosis vaksin. Estimasi anjing di Banjar Tengah dan Banjar Goa sekitar 100 anjing. Mencegah kasus gigitan anjing positif rabies, drh Aryadharma mengharapkan masyarakat bawa anjing peliharaannya untuk divaksin. Anjing juga dirawat dengan baik. “Bisa dikandangkan atau diikat,” pinta drh Aryadharma. Sebelumnya, anjing liar di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh menggigit 3 warga Desa Bedulu dan 1 warga luar desa. Hasil sampel darah di laboratorium, anjing liar itu positif rabies. Anjing yang sempat kontak dengan anjing positif rabies dieleminasi. Anjing yang tidak kontak langsung divaksin rabies. *nvi

Komentar