nusabali

Bupati Suwirta Buka Nyalian Festival, Ajang Bangkitkan Budaya dan Wisata

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-buka-nyalian-festival-ajang-bangkitkan-budaya-dan-wisata

SEMARAPURA, NusaBali
Desa Nyalian, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung menggelar Nyalian Festival 2022 bertajuk Seni, Budaya, Tradisi dan Objek Wisata Nyalian Bangkit.

Event ini dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di Balai Desa Nyalian, Sabtu (29/10) sore. Kegiatan selama 2 hari diisi dengan lomba memasak antarPKK, lomba makendang tunggal antarpemuda, serta hiburan dari band-band lokal. Pembukaan Nyalian Festival dihadiri Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom.

Bupati Suwirta mengatakan, Nyalian Festival ini menjadi awal kebangkitan seni, budaya, tradisi, dan objek wisata Desa Nyalian. Fetival ini sangat penting untuk memberikan ruang terhadap potensi-potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam di desa. “Kami berharap festival ini mampu memberikan ruang kontribusi yang positif. Kalau potensi itu diberikan ruang maka potensi itu akan muncul meraih ruang yang lebih besar,” ujar Bupati Suwirta

Ketua Panitia Nengah Kurniawan mengatakan, Nyalian Festival Tahun 2022 dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 dengan harapan Desa Nyalian bisa bangkit dan menjadi salah stau tujuan wisata di Kabupaten Klungkung. Nyalian Festival dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 29-30 Oktober 2022. Festival ini menampilkan 19 stand kuliner maupun UMKM dari Desa Nyalian dan luar Desa Nyalian. Kegiatan selama 2 hari diisi dengan lomba memasak antarPKK, lomba makendang tunggal antarpemuda, serta hiburan dari band-band lokal.

Nengah Kurniawan mengatakan, salah satu destinasi wisata di Desa Nyalian yakni Patirtan Tadah Uwuk yang memiliki suasana sangat alami sebagai salah satu referensi tempat panglukatan. Patirtan Tadah Uwuk yang berpanorama indah ini cukup jauh dari pemukiman warga, akses menuju lokasi sangat baik. Tersedia anak tangga di kawasan penuh tanaman serta pepohonan sehingga menambah keasrian.

Sehari sebelumnya, Bupati Suwirta membuka acara Kamasan Kuliner Festival 2022 di Lapangan Bina Karya Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung, Jumat (28/10) malam. Acara Kamasan Kuliner Festival 2022 mengambil tema Bangkit Peduli dan Berbagj yang diselenggarakan selama 3 hari sejak 28-30 Oktober 2022. Festival ini diisi 22 stand kuliner khas Desa Kamasan dan 5 stand UMKM serta dimeriahkan dengan penampilan sejumlah penyanyi pop Bali. *wan

Komentar