nusabali

Jaring Atlet Anggar, IKASI Gelar Kejurnas

  • www.nusabali.com-jaring-atlet-anggar-ikasi-gelar-kejurnas

JAKARTA, NusaBali
Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) menggelar Kejuaraan Nasional Anggar 2022 di GOR POPKI, Jakarta, pada 27 Oktober-3 November. Kejuaraan itu untuk menjaring atlet anggar potensial.

Ketua Umum PB IKASI Agus Suparmanto mengatakan, sebanyak 620 atlet dari 24 provinsi bersaing dalam ajang yang mempertandingkan nomor floret, degen, dan sabel untuk putra, putri, serta beregu.

"Dari seluruh daerah kami kumpulkan, nanti kami pilih atlet-atlet yang potensial mulai tingkat pra-kadet, kadet, junior dan senior. Jadi seluruh usia," kata Agus Suparmanto, saat membuka Kejurnas Anggar di GOR POPKI, Jumat (28/10) malam.

Agus juga mengatakan ajang tersebut merupakan salah satu cara yang dilakukan PB IKASI untuk memberikan pengalaman kepada para atlet demi mempersiapkan diri menghadapi ajang internasional seperti SEA Games, Asian Games hingga Olimpiade. Selain itu, PB IKASI berencana mengirim 24 atlet terbaik ke Korea Selatan.

Menurut Agus, atlet anggar Indonesia bakal mendapatkan pengalaman berharga bila berlatih tanding dengan atlet Korea Selatan. Negeri Ginseng, kata Agus, pada Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang menjadi peraih medali terbanyak cabang anggar dengan rincian enam emas, tiga perak dan enam perunggu.

Agus juga tak menampik pandemi Covid -19 menghambat program PB IKASI. Namun pihaknya terus berusaha untuk memastikan pembinaan dan pelatihan atlet tetap berjalan.

Dalam kesempatan yang sama, Komite Eksekutif NOC Indonesia, Rafiq Hakim Radinal mengatakan pihaknya menyambut baik Kejurnas Anggar 2022 dan mendukung pengiriman 24 atlet ke Korea Selatan. ant

Komentar