nusabali

Patung Bung Karno Sudah Terpasang di Taman Bung Karno

  • www.nusabali.com-patung-bung-karno-sudah-terpasang-di-taman-bung-karno

TABANAN, NusaBali
Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Patung Soekarno sudah dipasang di areal Taman Bung Karno atau di pojok utara Taman Kota Tabanan, Jumat (28/10).

Peletakan patung dipimpin langsung Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya. Pemindahan patung dilakukan oleh tim Nyoman Nuarta yang datang dari Bandung ke Tabanan. Proses ini juga dihadiri oleh pimpinan OPD terkait , Bendesa Adat Kota Tabanan serta organisasi masyarakat. Diwarnai dengan nuansa penuh sejarah dan suka cita dari masyarakat Tabanan yang memenuhi lokasi, prosesi pemasangan patung Bung Karno dilaksanakan dalam waktu sekitar 30 menit.

Bupati Sanjaya mengatakan pemindahan patung dilakukan tepat saat Hari Sumpah Pemuda. Mulanya dijadwalkan 29 Oktober, tapi tim Nyoman Nuarta mendahului datang. "Saya pun terkejut, kebetulan saat rapat HUT Kota katanya kedatangan tim Nyoman Nuarta, alat berat sudah adat, yang langsung diletakkan," jelasnya.

Menurutnya peletakan patung di Taman Kota ini sudah memperhatikan unsur estetika dan etika. Unsur etikanya Patung Soekarno sudah menunjuk ke arah utara. Sesuai filosofi utara adalah tempat yang disucikan apalagi arah utara ada Gunung Batukau.

Kemudian unsur estetikanya dipasang di pojok karena berhadapan dengan Catus Pata yang setiap Pangerupukan serangkaian Hari Raya Nyepi untuk dilakukan proses pacaruan. Selain itu ketika patung dipasang di pojok depan catus pata orang bisa melihat patung secara utuh. "Ini dipasang sesuai dengan koordinasi semua pihak termasuk Pak Nyoman Nuarta sendiri. Jadi semua ada nilai sejarahnya," aku Bupati Sanjaya.

Dengan sudah diletakkan di tempatnya dia berharap untuk proses finishing taman bisa segera rampung. Karena saat ini pengerjaan sudah 50 persen dimana sesuai target tuntas akhir Desember. "Ini kan baru Oktober masih ada dua bulan lagi pengerjaan taman, masih perlu finishing lagi," tandasnya.

Kemudian disinggung apakah taman akan dituntaskan sebelum HUT Kota 29 November nanti? Bupati Sanjaya menjawab akan diusahakan. Hanya saja selesainya tidak barus bertepatan dengan HUT Kota. Berbeda dengan Patung Wisnu Murti yang memang dirancang tuntas sebagai hadiah HUT Kota Tabanan. "Kalau nanti belum tuntas tidak masalah, karena untuk peresmian Taman Bung Karno harus koordinasi dengan pusat sebab berkaitan dengan sejarah karena Bung Karno adalah pahlawan," tandasnya.

Sebelumnya, sesuai keterangan Kadis PUPRPKP Tabanan, I Made Dedy Darmasaputra mengatakan setelah dilakukannya pemasangan patung Bung Karno, pengerjaan proyek dilanjutkan dengan penataan Taman Bung Karno yang diperkirakan akan rampung sesuai rencana awal, yakni pada tanggal 16 Desember 2022.

Menurutnya patung ini sendiri menghadap ke barat laut dengan jari menunjuk ke utara yang menunjuk pada arah Gunung Batukau yang merupakan gunung yang disucikan bagi warga Tabanan. Penempatan patung ini sendiri berdiri pada pojok barat laut Taman Bung Karno yang merupakan area Catus Pata Kota Tabanan, serta berada di sisi jalan yang akan memungkinkan menjadi destinasi baru bagi masyarakat sebagai tempat selfie/swafoto, sehingga diharapkan mampu menjadi ikon Tabanan yang baru. *des

Komentar