nusabali

BPBD Gianyar Imbau Waspada Saluran Mampet

  • www.nusabali.com-bpbd-gianyar-imbau-waspada-saluran-mampet

GIANYAR, NusaBali
BPBD Kabupaten Gianyar mengimbau masyarakat mewaspadai saluran mampet.

Warga diingatkan membersihkan sungai maupun got mampet karena memicu terjadinya banjir dan tanah longsor. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, I Gusti Ngurah Dibya Presasta mengatakan, setiap hujan lebat selalu mendapatkan laporan banjir. Sebagian besar penyebab utama saluran mampet akibat sampah.

Gusti Ngurah Dibia menjelaskan, saluran mampet terjadi akibat tumpukan sampah dan debit air meninggi karena hujan. Saluran mampet juga akibat sedimentasi. “Jangankan banyak, satu kantung plastik yang menyumbat saluran air juga berdampak besar. Begitu hujan lebat, air meluber menjadi banjir,” jelas Gusti Ngurah Dibia. Masyarakat diingatkan tak menyepelekan sumbatan.

Menurut Gusti Ngurah Dibia, hampir sebagian besar banjir besar di Kabupaten Gianyar terjadi karena saluran air mampet. “Biasanya ketika hujan lebat, kami menerima laporan puluhan bencana alam seperti tanah longsor, pohon tumbang, dan banjir,” ungkap Gusti Ngurah Dibia. BPBD kewalahan hingga mengklasifikasi yang harus dikerjakan terlebih dahulu. “Jika pembersihan saluran air masuk dalam prioritas antisipasi oleh masyarakat, dipastikan bencana banjir dan longsor bisa lebih minim,” ujar Gusti Ngurah Dibia. *nv

Komentar