nusabali

Gandeng Kejari Buleleng, Undiksha Ajak Mahasiswa Tangkal Terorisme

  • www.nusabali.com-gandeng-kejari-buleleng-undiksha-ajak-mahasiswa-tangkal-terorisme

SINGARAJA, NusaBali
Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja mengajak mahasiswanya untuk bersama-sama menangkal terorisme.

Upayakan dilakukan melalui kuliah umum bertema "Kajian Sosiologi Hukum Terhadap Radikalisme dan Terorisme" digelar Program Studi Ilmu Hukum, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS), Selasa (25/10), di Kampus Undiksha, Singaraja.

Kuliah menghadirkan PLH Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Buleleng Soesilo sebagai narasumber, didampingi Kasi Intel Kejaksaan Negeri Buleleng Anak Agung Ngurah Jayalantara sebagai moderator. Kuliah ini diikuti oleh mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Undiksha.

Soesilo mengatakan, radikalisme dan terorisme adalah tindakan yang melanggar hukum. Tindakan tersebut patut diwaspadai dan ditangkal oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk kalangan mahasiswa, salah satunya dengan penguatan pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila. "Perguruan tinggi memiliki peranan dalam mencegah radikalisme dan terorisme, terlebih di program studi ilmu hukum mahasiswa sudah mendapatkan mata kuliah anti terorisme," ucapnya.

Ketua Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Undiksha Dewa Gede Sudika Mangku mengatakan, kegiatan kuliah umum ini merupakan kali kedua dilaksanakan oleh Prodi Ilmu Hukum bersama dengan Kejaksaan Negeri Buleleng. Kegiatan ini sebagai ruang untuk memberikan informasi sekaligus pengalaman kepada mahasiswa khususnya semester V terkait proses penegakan hukum bagi pelaku radikalisme dan terorisme di Indonesia.

Sebelumnya, Prodi Ilmu Hukum Undiksha juga menyelenggarakan kuliah umum tentang penegakan hukum melalui restorative justice. "Mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan secara teoritis, tetapi juga secara praktis karena narasumber yang dihadirkan adalah seorang praktisi," ungkapnya.*mz

Komentar