nusabali

Keuntungan Menggunakan Solar Panels untuk Kebutuhan Listrik

  • www.nusabali.com-keuntungan-menggunakan-solar-panels-untuk-kebutuhan-listrik

JAKARTA, NusaBali.com - Energi surya dapat menjadi salah satu pilihan terbaik penghasil tenaga listrik alternatif yang ramah terhadap lingkungan.

Dengan teknologi solar panels, tenaga surya saat ini sudah dapat digunakan secara mandiri di rumah. Semakin banyak perusahaan penyedia teknologi dan jasa pemasangan panel surya di rumah. Biayanya berkisar antara Rp 20 juta – Rp 30 juta rupiah berdasarkan besarnya tenaga listrik yang dapat dihasilkan. 

Jika anda berminat memasangnya, anda bisa saja membuat estimasi kasar biaya dengan melakukan research. Anda harus mengetahui luas atap yang hendak dipasangi oleh panel, arah dan sudut kemiringan atap serta daya listrik terpasang di rumah Anda. Meskipun membutuhkan biaya relatif besar ketika pemasangan, penggunaan panel surya punya keuntungan signifikan yang dapat dinikmati dalam jangka panjang. 

Keuntungan Solar Panel Indonesia
 
Berikut ini beberapa keuntungan dari penggunaan dari penggunaan panel surya:

1. Menghemat Biaya Listrik Bulanan 

Meskipun membutuhkan biaya yang relatif besar saat pemasangan, menggunakan panel surya dalam jangka panjang akan memberikan keuntungan secara finansial bagi penggunanya. Karena berasal dari tenaga matahari yang tidak terbatas, maka pengguna solar system bisa mengurangi atau bahkan terbebas dari keharusan membayar tagihan listrik bulanan pada perusahaan penyedia listrik negara atau PLN di Indonesia. Seperti diketahui bahwa tarif listrik terus mengalami kenaikan secara berkala. 

2. Multifungsi 

Selain dapat digunakan untuk menghasilkan tenaga listrik, panel surya juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan panas atau solar thermal. Solar termal skala kecil untuk di rumah, umumnya dapat digunakan sebagai penghangat ruangan, pemanas air, hingga penghangat kolam renang. 

3. Minim Biaya Maintenance 

Panel surya tidak membutuhkan perawatan yang berlebihan dan rumit. Cukup dibersihkan secara rutin dan berkala setiap bulan, perangkat panel surya tetap bisa terjaga dengan baik. Perangkat panel surya biasanya dapat berdaya digunakan hingga belasan bahkan puluhan tahun. Biasanya, perusahaan penyedia panel surya juga punya layanan perawatan panel surya yang mumpuni. 

4. Kontribusi Penyelamatan Lingkungan 

Tidak terbantahkan bahwa saat ini bumi terus mengalami peningkatan suhu dan pemanasan global yang signifikan. Menggunakan panel surya dapat menjadi salah satu langkah nyata upaya penyelamatan bumi. Khususnya di Indonesia yang sekarang mayoritas tenaga listrik masih berasal dari hasil pembakaran batu bara yang tidak ramah lingkungan. 

5. Menghilangkan Polusi Suara 

Ketika melihat sumber energi terbarukan lainnya seperti angin, kebisingan yang dibuat selama proses menghasilkan energi bisa merugikan dan mengganggu. Tetapi energi surya atau solar sebaliknya, ini tidak melibatkan bagian yang bergerak sehingga tidak ada polusi suara. Inilah manfaat yang sering diabaikan oleh orang saat mempertimbangkan sumber energi terbaru mereka. 

Solar Panel Harga 


6. Mengurangi Penggunaan Air 

Ketika memikirkan potensi bahaya bahan bakar fosil dan sumber energi lainnya untuk listrik, tidak sedikit orang biasanya memikirkan bahan kimia yang terlepas ke udara dan merusak iklim. Tetapi yang kadang gagal dipertimbangkan adalah berapa banyak sumber daya lain yang digunakan untuk menciptakan energi dengan sumber tradisional. Contoh terbaik dari sumber daya yang sedang digunakan atau terancam oleh sumber energi tradisional adalah air. Khususnya dengan tenaga yang dihasilkan oleh fasilitas nuklir, gas alam, air atau batu bara digunakan secara berlebihan untuk tujuan pendinginan. 

7. Sumber Daya Terbarukan 

Panel surya adalah sumber energi terbarukan karena bisa digunakan untuk menghasilkan listrik selama matahari ada. Sinar matahari muncul secara alami dan tidak terbatas. Energi ini bisa dimanfaatkan dengan memasang panel surya yang bisa mengurangi ketergantungan kita pada negara lain untuk pasokan batu bara yang konsisten untuk menghasilkan listrik. 

Ini menjadikannya prospek energi yang menarik bagi sebagian besar negara yang ingin go green. Sekalipun energi matahari tidak dapat diproduksi pada malam hari dan saat mendung, namun bisa digunakan berulang kali pada siang hari. Energi matahari adalah sumber daya yang konsisten dan konstan serta bisa digunakan untuk memanfaatkan daya, bahkan di lokasi terpencil. 

8. Bisa Meningkatkan Nilai Rumah 

Kalau anda ingin menjual rumah di masa depan, maka cukup ketahui bahwa pemasangan teknologi surya bisa meningkatkan nilainya secara signifikan. Ini khususnya terlihat di daerah dimana pembeli cenderung membeli rumah yang dipasang dengan panel surya seperti kota berpenduduk tinggi dimana degredasi lingkungan dianggap serius oleh pihak yang berwenang. Panel surya bahkan bisa menambah nilai rumah hingga Rp 281 juta. Angka ini menunjukkan bahwa jumlah yang dibutuhkan untuk memasang panel surya, yang artinya adalah anda bisa mendapatkan kembali uang anda ketika menjual property. Ini semacam investasi. 

9. Bisa Digunakan di Lokasi yang Terpencil 

Energi matahari dapat menjadi keuntungan besar pada daerah yang tidak punya akses ke kabel listrik. Ini berfungsi dengan baik pada lokasi terpencil dimana menjalankan saluran listrik akan sulit atau mahal. Panel surya bisa diatur untuk menghasilkan energi matahari di sana selama menerima sinar matahari. 

FAQ 

Kenapa harus solar panel?

-Dengan bantuan solar panel, kamu akan terhindar dari tingginya tagihan listrik dan bisa menghemat pengeluaran itu untuk kebutuhan lain. Panel Surya di SUNterra juga terbukti bisa menghemat hingga 30% penggunaan listrik loh, bahkan terasa semenjak awal penginstalan

Bisakah membuat panel surya sendiri?

-Kita dapat membuat panel surya dari bahan selain silicon yaitu cuprous oxide yang banyak dijual di toko besi. Bahan ini juga mampu memberikan efek photoelectric yaitu merubah cahaya menjadi aliran listrik melalui satu material.

Komentar