nusabali

Bantu Perusahaan Bangun Citra, Inilah Peranan PR Agency Indonesia untuk Bisnis

  • www.nusabali.com-bantu-perusahaan-bangun-citra-inilah-peranan-pr-agency-indonesia-untuk-bisnis

JAKARTA, NusaBali.com - Mungkin sudah banyak orang yang tahu bahwa public relations (PR) adalah tentang mempengaruhi, melibatkan dan membangun hubungan dengan stakeholder di berbagai platform untuk membentuk dan membingkai persepsi public tentang suatu organisasi.

PR sendiri bisa dilakukan secara in house atau PR agency Indonesia. PR agency atau agen PR adalah unit independent yang didesain untuk melayani banyak bisnis dengan membantu mereka menjembatani kesenjangan antara bisnis dengan publik.
 
PR agensi hadir tidak hanya untuk mempromosikan klien namun juga membantu publik mendapatkan persepsi positif tentang organisasi. Karena agensi-agensi ini independent, mereka biasanya harus memiliki beberapa karyawan yang bisa mempelopori inisiatif PR untuk organisasi yang berbeda pada saat yang bersamaan. 

Peran Top PR Agency Indonesia 

Saat ini, layanan profesional PR tidak hanya dibutuhkan oleh bisnis besar namun juga bisnis kecil, start up, penulis, universitas, tokoh masyarakat dan organisasi non profit. Ada banyak layanan yang disediakah oleh agensi PR untuk klien mulai dari event planning dan membangun hubungan hingga story pitching dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Berikut ini beberapa peran dari agensi PR: 

1. Melakukan Riset

Ketika punya klien baru, hal yang dilakukan oleh agen PR adalah mempelajari perusahaan klien, tujuannya (visi dan misi), produk-produknya, sejarahnya, budayanya, kepemimpinanya serta target pasarnya agar bisa membuat strategi komunikasi yang tepat untuk perusahaan klien. Salah satu langkah utama lainnya adalah dengan mempelajari apa yang dilakukan oleh competitor klien sehingga agen dapat melakukan perbandingan. 

2. Mengembangkan Key Messages 

Agen PR bersama dengan klien akan menetapkan dua atau tiga elemen penting yang ingin dikomunikasi kepada media. Apalagi jika klien memiliki banyak jubir resmi, menetapkan lebih dulu pesan yang ingin disampaikan sangat penting agar setiap jubir bicara bisa mengkomunikasikan pesan yang sama. 

3. Menulis

Menulis adalah salah satu pekerjaan yang paling banyak dilakukan dalam sebuah agen PR. Seorang PR harus tahu cara berkomunikasi pada berbagai platform. Berikut ini contoh dari beberapa jeniskarya PR agency Jakarta yang mungkin ditulis atas nama kliennya: 

- Siaran pers / pers release – pers release biasanya hanya membeberkan fakta (bukan pemasaran atau istilah periklanan) ini biasanya digunakan sebagai sumber berita bagi jurnalis yang sangat sibuk dan jarang melakukan konfirmasi fakta serta kadang-kadang digunakan oleh media yang lebih kecil yang diubah menjadi artikel. 

- Press kit – kompilasi dokumen yang memberikan latar belakang jurnalis tentang perusahaan biasanya meliputi: lembar fakta, biografi para eksekutif, FAQ (frequently asked questions). 

- Media advisory – media advisory biasanya berisi informasi detail namun singkat tentang sebuah acara yang diselenggarakan dan disebarkan berdekatan dengan tanggal acara. 

- Talking point / pidato – beberapa agensi PR, khususnya yang berspesialisasi dalam urusan public, juga akan Menyusun pidato untuk klien, termasuk segala sesuatu mulai dari penerimaan penghargaan hingga pidato konferensi pers hingga pidato rapat umum. 

Jasa Public Relation


4. Membangun Hubungan dengan Media dan Influencer 

PR agensi akan membuat daftar media dan influencer / blogger serta mengidentifikasinya berdasarkan relevansi dan kebutuhan klien, tergantung pada produk, layanan atau visi yang ingin disampaikan. Setelah itu, biasanya akan dilanjutkan dengan pitching story. Pitching didesain untuk menyoroti berita klien dalam uraian singkat yang relevan dan menarik dengan harapan bahwa reporter / blogger berminat mengembangkan cerita dalam tulisan tentang klien. 

5. Mengatur Interview Antara Klien dan Jurnalis

Public relation agency Indonesia akan mengkoordinasikan jadwal interview dan membantu kedua belah pihak untuk persiapan sesi interview termasuk memberikan informasi mengenai klien kepada jurnalis dan kadang mendapatkan daftar pertanyaan dari jurnalis sebelum dilakukan wawancara. Agensi juga memberikan informasi tentang background media dan jurnalis kepada klien serta saran pesan-pesan apa saja yang harus disampaikan dalam interview. 

Setelah itu, agen akan menindaklanjuti dengan jurnalis untuk memeriksa fakta dan menyediakan hal lain yang mungkin dibutuhkan. Dalam sebagian besar kasus, praktisi PR tidak bisa melihat hasil interview sebelum publish dan tidak memiliki Kendali atas editorial akhir namun mereka bisa membantu dengan bahan-bahan informasi yang dibutuhkan. 

6. Menyelenggarakan Acara 

Dalam dunia PR, ada banyak jenis acara yang mungkin harus dihadiri atas nama klien. Acara-acara ini punya nilai untuk tujuan PR klien dan penting bagi PR untuk hadir. Acara yang biasa dilakukan antara lain konferensi pers, peluncuran produk, media tour, gala, trade show dan pameran / exhibition. 

7. Manajemen Krisis

Agen PR bisa membantu klien menyusun rencana komunikasi saat klien sedang menghadapi situasi krisis untuk menetapkan beberapa faktor utama lebih dulu. Klien selayaknya sudah mendapatkan media training sebelumnya. Iniakan membantu kesiapan klien dalam menghadapi situasi krisis dengan berkomunikasi secara profesional. 

FAQ 

PR Agency kerjanya apa?

-PR agency atau agen PR adalah unit independen yang dirancang untuk melayani banyak bisnis dengan membantu mereka menjembatani kesenjangan antara bisnis dan publik. PR agensi hadir tidak hanya untuk mempromosikan klien mereka tetapi juga membantu public memperoleh persepsi positif tentan organisasi.

Agency termasuk perusahaan apa?

-Agency merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa maupun layanan tertentu untuk menyelesaikan suatu project yang biasanya seputar industri kreatif dan berkaitan dengan tujuan pemasaran pengguna jasanya. Contohnya, untuk tujuan marketing, branding, maupun advertising.

Komentar