nusabali

Oktober 2022, Pengaduan Bencana Meningkat

  • www.nusabali.com-oktober-2022-pengaduan-bencana-meningkat

BANGLI, NusaBali
Layanan Pengaduan 24 Jam Pemkab Bangli mencatat peningkatan pengaduan terkait bencana pada Oktober 2022.

Pengaduan masuk lewat media sosial seperti facebook, whatsapp maupun melalui call center 550-1000 Kepala Diskominfosan Bangli I Wayan Dirgayusa mengatakan berdasarkan data pada web service dan catatan tim pengaduan, jumlah laporan pengaduan yang masuk terhitung sejak 1 - 25 Oktober sebanyak 267. Dari jumlah tersebut sebagian di antaranya berkaitan dengan kebencanaan. Pengaduan seperti kerusakan jalan putus, senderan rusak, dan lainnya.

"Rata-rata laporan berkaitan dengan bencana meliputi kerusakan jalan.Selain itu juga permintaan evakuasi pohon tumbang, ataupun permintaan perompesan mengantisipasi cuaca buruk," jelasnya Selasa (25/10).  

Selain berkaitan dengan kebencanaan, banyak pula pengaduan berkaitan dengan pelayanan kelistrikan dan internet. Menurut pejabat asal Desa Demulih, Kecamatan Susut, Bangli ini, dari 267 pengaduan yang masuk, 71,54 persen di antaranya telah terselesaikan. Sedangkan 11,99 persen lainnya sedang dalam proses. Terkait pengaduan yang belum diproses karena laporan kurang lengkap. Tidak hanya itu, ada pengaduan yang penanganan memerlukan anggaran besar. Sehingga perlu proses untuk penanganan.

"Ada sekitar 13,86 persen pelaporan yang masih diarsipkan atau belum diproses. Ini karena ada beberapa hal, bisa dikarenakan laporannya kurang lengkap ataupun laporannya ganda," sebutnya.

Ditambahkan, layanan pengaduan yang dibuka oleh pemerintah semakin banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Kebanyakan pengaduan masuk melalui call center 550-1000, selain facebook dan whatsapp. *esa

Komentar