nusabali

Bupati Tanah Laut Studi Tiru Toleransi Beragama di Gianyar

  • www.nusabali.com-bupati-tanah-laut-studi-tiru-toleransi-beragama-di-gianyar

GIANYAR, NusaBali
Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun menerima Bupati Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, H Sukamta bersama rombongan di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, Selasa (25/10).

Bupati H Sukamta menggelar studi tiru terkait keberhasilan Kabupaten Gianyar menerapkan pembinaan dan pembelajaran kepada Penyuluh Agama Hindu dan toleransi antar umat beragama.

Bupati Tanah Laut H Sukamta mengatakan, jumlah penduduk yang beragama Hindu di daerahnya mencapai 3.228 orang. Menjadi pemeluk agama terbesar kedua di Kabupaten Tanah Laut. Mereka mayoritas berasal dari Bali yang transmigrasi ke Kalimantan. “Makanya saya antar ke Bali, mungkin mau melihat kampung halamannya karena mulai lahir belum pernah ke kampung halaman,” ujar Bupati H Sukamta.

Bupati H Sukamta menambahkan, masyarakat Hindu yang ada di Tanah Laut sangat besar kontribusinya dalam pembangunan dan perkembangan di Kabupaten Tanah Laut. Selain itu, melihat Kabupaten Tanah Laut sebagai miniatur Indonesia yang memiliki banyak agama dan suku. Hampir sama dengan Kabupaten Gianyar yang masyarakatnya penuh toleransi antar umat beragama, sehingga tidak salah untuk memilih Kabupaten Gianyar menjadi lokus kunjungannya.

Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun menyambut baik kunjungan Bupati Tanah Laut beserta rombongan penyuluh agama Hindu yang melakukan kunjungan ke Kabupaten Gianyar. Sebagai kabupaten yang masyarakatnya beraneka ragam, Kabupaten Gianyar menjadikan toleransi antar umat beragama dan kerukunan sebagai salah satu acuan dalam pembangunan di Kabupaten Gianyar. Dalam membangun kerukunan antar umat beragama perlu melibatkan peserta lintas agama, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Kodim, Polres, BNN, dan kalangan akademisi.

Selain dikenal dengan toleransi antar umat beragama, Kabupaten Gianyar juga dikenal dengan pariwisata terutama di Kecamatan Ubud. Kabupaten Gianyar sebagai pencetus pariwisata pertama kali pada tahun 1931 dengan mengirimkan Duta Kesenian Bali ke Paris yang menjadi cikal bakal pariwisata, khususnya Bali dan Indonesia. “Dari situ Bali terkenal hingga sekarang,” kata Wabup Agung Mayun didampingi Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat I Ketut Mudana dan Ketua PHDI Kabupaten Gianyar I Wayan Ardana. *nvi

Komentar