nusabali

Milenial Pilih Ketimbang Kartu Kredit

  • www.nusabali.com-milenial-pilih-ketimbang-kartu-kredit

JAKARTA, NusaBali
Survei lembaga riset Katadata Insight Center (KIC) mengungkapkan generasi muda yang lahir setelah 1980-an (milenial) dan generasi Z (lahir setelah milenial) lebih suka menggunakan metode pembayaran paylater dibanding kartu kredit.

Vice President Katadata Insight Center Adek Media Roza kecenderungan itu didapat dari hasil survei bertajuk 'Survei Perilaku Generasi Milenial dan Gen Z' yang dilakukan lembaganya terhadap 5.204 responden secara daring beberapa waktu lalu. Dari hasil survei itu, kartu kredit hanya digunakan oleh 7,6 persen generasi milenial dan Gen Z. Sedangkan paylater digunakan 13,6 persen.

Sedangkan kalau dibandingkan antara kedua generasi, penggunaan paylater lebih besar pada generasi milenial. Sebanyak 16,5 persen generasi milenial yang mengikuti survei KIC menyebut menggunakan paylater, adapun pada responden Gen Z, hanya 9,7 persen yang sudah menggunakan produk paylater.

Dari hasil  temuan tersebut pihaknya mendapat jawaban dari generasi milenial bahwa mereka lebih suka paylater karena lebih mudah diakses ketimbang kartu kredit.

"Hal-hal ini menyebabkan antusiasme masyarakat semakin tinggi untuk mencoba layanan paylater," ujar Adek seperti dikutip dari Antara, Senin (24/10).

Ia juga menyebut hasil riset menunjukkan penggunaan paylater di kalangan kedua golongan anak muda itu banyak dilakukan untuk mendukung gaya hidup generasi muda saat ini.

Adek menjelaskan pada kalangan muda, pembayaran cicilan menggunakan paylater digunakan untuk membeli fesyen dan aksesoris, pulsa, gawai, dan elektronik rumah tangga, hingga makanan.

"Pada Gen Y (milenial), paylater paling banyak digunakan untuk membeli gadget, sedang pada Gen Z, paylater paling banyak digunakan untuk fesyen dan aksesoris," ungkapnya.

Ia mengemukakan bahwa kebutuhan-kebutuhan mendesak yang datang sebelum masa gajian mendorong masyarakat untuk mencari alternatif pembayaran cicilan yang mudah dan cepat, ditambah pula oleh tingkat kepercayaan yang rendah terhadap layanan pinjaman online.

Paylater adalah metode pembayaran tanpa menggunakan kartu fisik yang memungkinkan konsumen untuk melakukan transaksi sekarang dan melakukan pembayaran pada kemudian hari. Dengan paylater, konsumen memiliki opsi untuk membayar dengan pilihan masa cicilan yang tersedia.

Komentar