nusabali

Membandel, Kontainer Senggol Traffic Light

  • www.nusabali.com-membandel-kontainer-senggol-traffic-light

SINGARAJA, NusaBali
Traffic light (TL) di simpang Jalan Serma Karma-Laksamana, Desa Baktiseraga, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, nyaris putus setelah diserempet truk kontainer.

Petugas Dinas Perhubungan pun langsung melakukan perbaikan pada Senin (24/10) pagi. Kejadian serupa di tempat yang sama sudah beberapa kali terjadi. Tiang TL hingga lampunya terlihat bengkok. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng Gede Gunawan Adnyana Putra mengatakan sudah sempat melakukan pendekatan dan komunikasi kepada pemilik usaha di sekitarnya. Terutama dalam pengangkutan barang ke gudang penyimpanan, agar menggunakan kendaraan yang lebih kecil.

“Kami sudah sempat mendatangi pemilik dan juga sopir truk juga, mengimbau saat membawa barang agar dibagi dulu di terminal barang dengan kendaraan yang lebih kecil. Tetapi masih tetap saja membandel dan kejadian kerusakan traffic light ini tidak hanya terjadi sekali,” kata Gunawan.

Menurutnya ruas jalan Serma Karma-Laksamana, memang bukan akses jalan yang diperuntukkan untuk kendaraan-kendaraan besar dan berat seperti kontainer. Sebab aset jalan kabupaten ini hanya memiliki lebar tidak lebih dari 6 meter. Sehingga ketika dilintasi kendaraan besar dengan tonase berat, tidak jarang terjadi gangguan arus lalu lintas.

“Memang kelas jalannya di sana tidak memenuhi untuk kendaraan berat. Karena untuk bermanuver susah, sehingga sering kejadian truk menyenggol traffic light atau melintang di tengah-tengah simpang empat itu,” imbuh dia.

Gunawan pun mengimbau kepada seluruh pemilik usaha yang menggunakan kendaraan berat untuk pengangkutan barang di jalur itu agar bekerjasama untuk kebaikan bersama. Namun ke depannya, Dishub akan berkoordinasi dengan Polres Buleleng, untuk penindakan pelanggaran jika ditemukan kembali.

“Kalau kami di sini kewenangannya hanya pembinaan. Nanti kami akan coba berkoordinasi dengan Polres Buleleng untuk penerapan sanksi pelanggaran,” ungkap Gunawan.*k23

Komentar