nusabali

Megawati Tegaskan Berpolitik Harus Bermanfaat

DPP PDIP Gelar Turnamen Bulutangkis Persahabatan

  • www.nusabali.com-megawati-tegaskan-berpolitik-harus-bermanfaat

JAKARTA, NusaBali
Memperingati Hari Sumpah Pemuda, DPP PDI Perjuangan (PDIP) menggelar Turnamen Bulutangkis Persahabatan yang diikuti oleh 15 organisasi kepemudaan dan mahasiswa di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Minggu (23/10/2022).

Dalam sambutan, Ketua DPP PDIP bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga menyampaikan pesan khusus dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Pesan Megawati, kata Eriko, dalam berpolitik tidak hanya soal memperoleh kekuasaan untuk berjuang bagi rakyat. Namun, berpolitik juga penting untuk tetap menjaga kesehatan. “Ibu Megawati berpesan kepada kami, bahwa saudaraku yang hadir di sini, berpolitik bukan hanya sekadar berkuasa, tetapi bagaimana kita juga bermanfaat,” ucap Eriko.

Bagi Eriko, bermanfaat itu penting jika kita sehat. Selain itu, diperlukan juga rasa kebersahabatan dalam berpolitik. “Sehat tidak cukup, tapi kita juga harus bersahabat. Tadi ada tambahan sehat bersahabat biar santai,” kata Eriko.

Eriko pun menyampaikan rasa terima kasih kepada Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto yang selalu mensupport program kepemudaan di partai berlambang banteng moncong putih itu. Eriko mengajak seluruh ormas kepemudaan dan mahasiswa yang ikut dalam turnamen tersebut untuk terus menjunjung rasa kebersamaan dan sportivitas dalam bertanding.

“Selamat bertanding, selamat sehat, selamat bersahabat, selamat bersatu untuk semua saudara-saudaraku dan seluruh ormas. Kiranya semua acara berlangsung baik,” ujar Eriko.

Sementara Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pentingnya persahabatan pemuda bagi kemajuan bangsa Indonesia.

“Turnamen bulutangkis ini membawa persahabatan sejati dengan 15 ormas peserta dari para pemuda Indonesia. Juga menjalin semangat persatuan,” kata Hasto.

PDIP pun akan terus mendorong kepeloporan dan kepemimpinan para pemuda sebagai penggerak kemajuan Indonesia.

“Kita selalu menggelorakan ikrar pemuda bagi cinta tanah air untuk bangsa dan negara,” tegas Hasto.

Dalam pembukaan turnamen itu, Hasto duet bersama Eriko melawan mantan pemain ganda putra, Candra Wijaya. Di awal-awal, Hasto sempat beberapa kali mis pukulan.

Setelah pertandingan berjalan sekitar lima menit, rally-rally panjang terjadi. Para hadirin sempat memberikan semangat.

Dalam satu momen rally panjang, Hasto memberikan pukulan smash ke sisi kanan Chandra yang tak bisa diantisipasi. Sorak gembira pun terlihat. “Ternyata bulutangkis itu memacu jantung,” kata Hasto.

Bagi Hasto, bulutangkis adalah olahraga rakyat yang memastikan supremasi Indonesia hadir di kancah dunia. Jika tidak ada prestasi bulutangkis di Olimpiade, misalnya, peringkat Indonesia akan jauh berada di bawah. “Bulutangkis memastikan supremasi Indonesia hadir di tingkat dunia,” kata Hasto.

Ketua Panitia Turnamen Restu Hapsari, menjelaskan pertandingan dalam turnamen ini membawa semangat persahabatan. Namun tetap dengan gairah pemuda meraih kemenangan. “Sebab turnamen ini dikhususkan untuk peringatan Hari Sumpah Pemuda,” kata Restu.

Restu menyebut ada 15 ormas kepemudaan yang ikut ambil bagian dalam turnamen, yakni, PB PMII, BMI, DPP KNPI, BPP HIPMI, Nasyiatul Aisyiyah, Presidium Nasional GMNI, TMP, PP PMKRI, Repdem, SAPMA PP, PP GP Ansor, PP Pemuda Muhammadiyah, PP GMKI, Purna Paskibraka Indonesia, dan PP FKPPI.

“Ke-15 ormas ini hanya sebagian kecil dari ratusan ormas kepemudaan di Indonesia. Kita berharap tahun-tahun mendatang bisa membuat turnamen yang lebih besar lagi,” ujar Restu.

Turnamen, lanjut Restu, akan digelar selama tiga hari. Babak penyisihan pada 23–24 Oktober 2022. Sedangkan final digelar pada 26 Oktober 2022.

“Puncak acara akan dilakukan dengan penyerahan hadiah bagi juara I, II, III, dan IV pada 28 Oktober sekaligus puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda,” papar Restu. *k22

Komentar