nusabali

Bali United U-20 Sambut Baik Format 'Tandang-Kandang EP’

  • www.nusabali.com-bali-united-u-20-sambut-baik-format-tandang-kandang-ep

MANGUPURA, NusaBali
Bali United menyambut positif format Kompetisi Elit Pro Academy (EPA) Liga 1 U-20 yang resmi diumumkan menganut sistem kandang dan tandang (home away).

Hal ini berbeda dibandingkan kategori U-14, U-16, dan U-18 yang dimainkan di satu kota. Tim Bali United U-20 pun sudah mendapat kepastian masuk Grup C bersama PSM Makassar, Persik Kediri, Arema FC, Bhayangkara FC, dan Madura United FC.

Pelatih kepala Bali United U-20, Made Pasek Wijaya mengatakan, dalam EPA Liga 1 U-20 total terdapat 148 pertandingan, dan sebanyak 18 klub harus menjalani 15 laga untuk menjadi juara. Diawali berlaga di fase grup dengan sistem home and away, sebanyak 6 tim terbaik dari tiga grup akan berlaga di fase selanjutnya. Lalu enam itu kembali dibagi dalam dua grup home-away untuk menentukan juara klasemen, yang berlaga di final.

Made Pasek Wijaya menyambut positif format kompetisi EPA Liga 1 U-20, meski terbilang lebih panjang jika dibandingkan jenjang usia sebelumnya. Made Pasek menilai, format home and away semakin memacu semangat para pemain berkompetisi. Pasalnya, kehadiran dan dukungan penuh dari suporter di stadion menjadi faktor penting untuk tampil bersemangat. Karena itu, tim Bali United U-20 sangat serius mempersiapkan diri menatap EPA Liga 1 U-20 ini.

"Home and away adalah format yang bagus karena jika bermain di kandang, ada suporter yang dapat menjadi pembeda serta memberikan motivasi bagi pemain," tutur Made Pasek.

Persiapan Bali United U-20 sendiri sejauh ini cukup baik. Selain terus berlatih rutin, skuad Serdadu Tridatu Muda juga kerap uji coba dengan sejumlah tim lokal Bali. Diantaranya, melawan tim Porprov Badung (7/10), Bintang Bali FC (12/10), dan terbaru Bali Wanderers FC yang diperkuat wisatawan asing (16/10). Dari laga-laga uji coba tersebut, Serdadu Tridatu Muda meraih hasil positif, yakni dua kemenangan atas Porprov Badung dan Bintang Bali FC. Sedangkan lawan Bali Wanderers FC  berakhir imbang 2-2.

Skuad Bali United U-20 juga kian lengkap berkat kehadiran dua pemain yang promosi ke tim senior, yakni I Made Tito Wiratama dan Komang Aryantara. Bergabungnya mereka semakin memperkuat tim yang diisi penggawa juara EPA U-18 2021 dan beberapa pemain U-18 musim ini.

Sementara itu usai tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu, sampai sekarang masih belum diketahui pasti kapan komeptisi U-20 bergulir. Padahal, seharusnya Serdadu Tridatu Muda memulai kompetisi pada 15 Oktober - 26 Februari 2023. *dek

Komentar