nusabali

Xhaka Bawa Arsenal ke 16 Besar

  • www.nusabali.com-xhaka-bawa-arsenal-ke-16-besar

Enam tim memastikan lolos ke babak knock-out. Selain Arsenal, lima tim yang lolos lebih dulu, yakni Fenerbahce (Turki), Freiburg (Jerman), Real Betis (Spanyol), Real Sociedad (Spanyol), dan Rennes (Prancis).

LONDON, NusaBali
Gol Granit Xhaka pada babak kedua memastikan Arsenal menang 1-0 atas PSV Eindhoven, di Stadion Emirates, London, Jumat (21/10)  dinihari Wita. Kemenangan itu sekaligus membawa The Gunners lolos fase gugur Liga Europa, menyusul lima tim yang memastikan lolos lebih dulu.

Saat ini skuat Mikel Arteta unggul lima poin dari PSV di puncak klasemen Grup A. Kedua tim akan bertemu lagi pekan depan. Namun satu poin bagi Arsenal sudah cukup mengamankan posisi teratas dan lolos langsung ke 16 besar.

"Saya senang sekali mencetak gol. Saya tidak tahu kapan terakhir kali saya mencetak gol dengan kaki kanan… sangat senang rasanya," kata Xhaka.

"Tidak masalah kaki mana atau siapa yang mencetak gol. Gol ini memberi kami kepercayaan diri dan membawa kami ke level berikutnya,"kata pemain Swiss itu.

Kemenangan keempat Arsenal dalam Liga Eeropa itu membuat mereka memenangkan 13 dari 14 laga dalam semua kompetisi musim ini. Xhaxa

Menilai, sgalanya berjalan baik sejauh ini tetapi bagi tim itu bukan kejutan Pemuncak klasemen Liga Premier ini mendominasi laga namun harus menunggu sampai 19 menit terakhir untuk memimpin ketika Takehiro Tomiyasu mengirimkan bola kepada Xhaka untuk mencetak gol ketiganya musim ini.

Meski hanya menang tipis 1-0, manajer The Gunners Mikel Arteta tidak terlalu khawatir. Arteta sangat senang melihat performa yang ditunjukkan anak asuhnya sejauh ini.

"Bagus dapat menang tanpa kebobolan, Gol-gol akan datang tetapi saya sangat senang dengan kinerja dan cara kami bermain," kata Arteta.

Lebih jauh Arteta juga mengungkapkan alasannya melakukan rotasi saat Arsenal mengalahkan PSV. Arteta mengatakan jadwal yang padat di Premier League dan Liga Europa membuatnya harus melakukan.

"Tidak adil jika saya tidak memberi mereka kesempatan untuk melakukan itu. Terutama cara mereka berperilaku, melatih, dan peduli dengan tim," kata Arteta.

Dengan bertambahnya Arsenal, kini enam tim memastikan lolos ke babak knock-out Liga Europa. Yakni, Fenerbahce (Turki), Freiburg (Jerman), Real Betis (Spanyol), Real Sociedad (Spanyol), Rennes (Prancis), dan Arsenal (Inggris).

Sedangkan dari Grup E, klub Liga Inggris lainnya Manchester United (MU) belum aman. Pasalnya, format fase grup Liga Europa tidak lagi memakai babak 32 Besar. Aturan tersebut dipakai sejak musim 2021/2022.

Seperti di Liga Champions, setelah fase grup usai, Liga Europa akan langsung memainkan babak 16 Besar. Namun, aturan di Liga Europa berbeda dengan Liga Champions. Di Liga Europa, hanya juara grup yang lolos otomatis ke 16 Besar. Sedangkan tim runner-up grup akan memainkan laga play-off melawan klub di posisi ketiga klasemen Liga Champions.

Nantinya, pemenang laga play-off akan berjumpa juara grup pada 16 besar Liga Europa. Pada babak 16 Besar, klub dari asosiasi yang sama tidak boleh bertemu. Juara grup akan memainkan leg kedua di kandang. *ant

Komentar