nusabali

Seluruh Desa/Kelurahan di Denpasar Bersihkan Got dan Gorong-gorong

  • www.nusabali.com-seluruh-desakelurahan-di-denpasar-bersihkan-got-dan-gorong-gorong

DENPASAR, NusaBali
Seluruh desa/kelurahan di Kota Denpasar menggelar aksi serentak membersihkan gorong-gorong, got, dan saluran air pada Jumat (21/10).

Kegiatan ini dirangkaikan dengan Jumat Pagi Bersih Lingkungan (Jumpa Berlian) bersama OPD di Pemkot Denpasar sebagai program bapak angkat.

Berdasarkan pemantauan di lapangan, seluruh aparat desa/kelurahan, OPD terkait, Jumali, stakeholder sekitar, dan masyarakat serta dibantu TNI/Polri membersihkan gorong-gorong dan saluran air.

Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Dewa Gede Rai, menjelaskan kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Saat ini dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, dengan intensitas hujan yang tinggi membuat beberapa titik terjadi genangan. Karenanya, sebagai langkah antisipasi berkelanjutan, aksi serentak di seluruh desa/kelurahan ini merupakan kegiatan penting untuk menjaga lingkungan dan mencegah genangan atau banjir.

Sekda Alit Wiradana menjelaskan, sampah memang menjadi permasalahan klasik perkotaan. Saat ini sumbatan saluran air biasanya disebabkan oleh sampah dan sedimentasi. Sehingga langkah serentak ini menjadi solusi mencegah genangan dan banjir.

“Kami berharap kegiatan ini dapat terlaksana secara rutin dan menjadi program berkelanjutan di desa/kelurahan,” kata Sekda Alit Wiradana dalam rilis yang diterima NusaBali, Jumat kemarin.

Sekda Alit Wiradana berharap, penanganan banjir dan sampah memerlukan kerjasama semua pihak, termasuk masyarakat. Karenanya, dengan aksi serentak ini diharapkan dapat menggugah kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. *bin

Komentar