nusabali

Air Asia Buka Rute Penerbangan Penang-Bali

  • www.nusabali.com-air-asia-buka-rute-penerbangan-penang-bali

MANGUPURA, NusaBali
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung kembali mendapat tambahan satu maskapai yang membuka rute penerbangan internasional.

Kali ini adalah maskapai Air Asia dengan rute penerbangan langsung dari Penang (Malaysia) menuju Bali melalui Bandara Ngurah Rai. Dengan dibukanya penerbangan itu, bandara tersibuk kedua di Indonesia itu sudah melayani 23 rute penerbangan internasional yang dioperasikan 25 maskapai.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, mengatakan dalam penerbangan perdananya, pesawat Air Asia dengan tipe Airbus A320, nomor penerbangan AK-1234 dari Penang mendarat di Bandara Ngurah Rai pada Kamis (20/10) pukul 10.19 Wita. Pesawat tersebut mengangkut sebanyak 77 penumpang. Kemudian pesawat tersebut terbang kembali menuju Penang pada pukul 10.50 Wita dengan mengangkut 67 orang. “Saat tiba di Bandara Ngurah Rai, kami memberikan penyambutan dengan water salute,” kata Handy, Jumat (21/10).

Handy mengapresiasi dibukanya rute Penang-Bali. Dengan bertambahnya rute tersebut, konektivitas Pulau Bali dengan Malaysia juga bertambah. Dia juga mengaku kalau Malaysia merupakan salah satu destinasi dengan jumlah lalu lintas penumpang yang tinggi. Pada September 2022 terdapat 87.567 Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang bertolak dari Kuala Lumpur menuju Bandara Ngurah Rai.

“Selain itu WNA asal Malaysia juga merupakan salah satu yang paling banyak mengunjungi Pulau Bali sepanjang tahun 2022. Di periode Januari sampai September 2022, tercatat sebanyak 43.283 WNA Malaysia yang mengunjungi Pulau Bali,” jelas Handy.

Dengan mulai beroperasinya penerbangan dari Penang itu, kini Bandara Ngurah Rai melayani 23 rute penerbangan internasional. Penerbangan tersebut dilayani 25 maskapai.

Masih menurut Handy, lalu lintas pergerakan penumpang dari luar negeri tertinggi pada 2022 terjadi pada September. Diurutan pertama rute Australia, sebanyak 203.975 penumpang, diikuti Singapura 152.749 penumpang, dan Malaysia 87.567 penumpang. “Dengan bertambahnya rute Penang-Bali ini kami harap konektivitas dengan Malaysia akan semakin tinggi dan lalu lintas penumpang internasional juga meningkat,” harapnya. *dar

Komentar