nusabali

Cegah Kecurangan Jual BBM, Disperindag Tera Ulang SPBU

  • www.nusabali.com-cegah-kecurangan-jual-bbm-disperindag-tera-ulang-spbu

BANGLI, NusaBali
Petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli menera ulang pompa ukur BBM di setiap SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum).

Tera ulang sudah dilakukan hampir di seluruh SPBU. Pengawas Kemetrologian Disperindag Bangli Ni Made Widyantari mengatakan petugas secara berkelanjutan mengawasi SPBU. Pengawasan berupa uji kelayakan alat di SPBU agar tidak ada takaran melenceng. Jika itu ada, akan dapat merugikan para konsumen dalam membeli BBM.

Menurut Made Widyantari, pengawasan dilakukan dengan pengujian pompa ukur BBM di SPBU dengan menakar ulang menggunakan bejana minimal 20 liter. "Pengawasan untuk menjamin hak konsumen mendapatkan bahan bakar di SPBU yang dibeli sebagaimana mestinya," jelasnya, Kamis (20/10).

Lanjutnya, Disperindag turun untuk memastikan takaran sesuai dengan hasil tera ulang dan mengacu pada ambang batas yang telah ditentukan. Memang SPBU juga mengajukan permohon layanan tera ulang. "Kegiatan ini upaya meminimalisir adanya kecurangan yang terjadi di SPBU yang dapat merugikan masyarakat," tegasnya.

Made Widyantari mencontohkan, kegiatan tera ulang yang dilakukan pada Kamis siang menyasar SPBU di Desa Batur, Kecmatan Kintamani. Lanjut, tera ulang akan dilakukan di SPBU Bunutin, Bangli, Jumat (21/10) ini. *esa.

Komentar