nusabali

Tunjang Medical Tourism, RSD Mangusada Gelar Seminar Bariatric dan Metabolic Surgery

  • www.nusabali.com-tunjang-medical-tourism-rsd-mangusada-gelar-seminar-bariatric-dan-metabolic-surgery

MANGUPURA, NusaBali
Sebagai upaya meningkatkan layanan dan transfer ilmu kedokteran terbaru yang menunjang medical tourism, Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada Kabupaten Badung menggelar Seminar Bariatric dan Metabolic Surgery, Kamis (20/10).

Seminar digelar bekerja sama dengan narasumber dari Vachira Phuket Hospital Thailand dan Universitas Udayana (Unud). Seminar ini dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Kabupaten Badung Cokorda Raka Darmawan, mewakili Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. Turut hadir Direktur RSD Mangusada dr I Wayan Darta, pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemkab Badung. Selaku narasumber Dr dr Made Agus Hendrayana MKed, dr Agus Murcahya Sp B-KBD, sedangkan Keynote Speaker yakni Mr Thakoon Poonthananiwatkul MD dari Vachira Phuket Hospital Thailand.

Direktur RSD Mangusada dr I Wayan Darta, mengatakan kegemukan merupakan salah satu masalah kesehatan yang berkembang, serta menjadi masalah terbesar bagi kesehatan publik yang dikarenakan oleh genetik, sosial dan budaya. Pembedahan bariatric merupakan salah satu bukti yang efektif untuk menurunkan berat badan dan menurunkan kematian. Kegemukan merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya diabetes mellitus/kencing manis type II. Dalam dunia ilmu kedokteran salah satu cara untuk menurunkan ketergantungan pasien terhadap obat-obatan diabetes mellitus adalah dengan tindakan operasi bariatric baik dengan operasi bariatric sederhana atau slave gastric maupun bariatric campuran atau one-anastomosis gastric bypass (OAGB). Semua tindakan itu dikerjakan dengan laparoscopic surgery.

“Sarana prasarana untuk tindakan operasi laparoscopy surgery saat ini sudah ada di RSD Mangusada. Di samping untuk menurunkan berat badan secara signifikan, operasi ini juga menyembuhkan hipertensi, hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia serta diabetes mellitus (DM type II)/kencing manis,” kata dr Darta.

Sementara itu, Cokorda Raka Darmawan menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Badung menyambut baik pelaksanaan kegiatan seminar yang diselenggarakan RSD Mangusada dengan narasumber dari Vachira Phuket Hospital Thailand. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan layanan dan transfer ilmu kedokteran di RSD Mangusada. “Kami sangat mengapresiasi upaya inovasi yang dilakukan oleh RSD Mangusada ini, selaras dengan komitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ujarnya.

“Semoga dengan seminar ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai berbagai permasalahan kesehatan, disertai cara penanganannya maupun pengobatannya,” kata Raka Darmawan. *asa

Komentar