nusabali

Exco PSSI soal Lanjutan Liga 1, Tunggu Satgas Transformasi

  • www.nusabali.com-exco-pssi-soal-lanjutan-liga-1-tunggu-satgas-transformasi

JAKARTA, NusaBali
Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Ahmad Riyadh mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan format Liga 1 2022/2023 jika berlanjut setelah Tragedi Kanjuruhan.

Ahmad Riyadh pun menyerahkan kepada Satuan Tugas (Satgas) Transformasi Sepakbola yang baru dibentuk pemerintah, PSSI, FIFA, dan AFC terkait format dan kelanjutan Liga 1.

"Mereka akan rapat untuk membahas format sistem pengamanan. Untuk formatnya, nanti menyinkronkan sistem keamanan kepolisian yang sesuai dengan FIFA," ujar Ahmad Riyadh.

Sebelumnya muncul kabar Liga 1 kembali digelar pada pada 25 atau 26 November 2022. Namun, Ahmad Riyadh belum dapat mengungkapkan tanggal pastinya.

Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia akan bekerja memperbaiki sistem kompetisi, termasuk menyelaraskan prosedur keamanan dengan aturan FIFA. Menurut Ahmad Riyadh,  hal itu agar target sepakbola tetap jalan, tapi sisi lain juga jalan.

Lebih jauh Ahmad Riyadh mengatakan, Gugus Tugas Transformasi Sepakbola Indonesia nanti juga akan menghasilkan regulasi khusus untuk pertandingan sepakbola nasional. Keputusan gugus tugas itu akan langsung menjadi aturan khusus, seperti tentang keamanan, stadion dan lain-lain

Ahmad Riyadh melanjutkan, regulasi hasil kerja gugus tugas tersebut nantinya disahkan pada Kongres PSSI 2023. Namun sampai kongres itu digelar, aturan sudah digunakan dengan dasar keputusan Exco PSSI.

"Akan ada pembaruan dari regulasi yang sudah ada supaya jadi satu. Artinya, disinkronkan semuanya, baik dengan pemerintah baik pusat maupun daerah" kata Pria yang juga Ketua Asprov PSSI Jawa Timur itu.

Sementara tanda-tanda Liga 1 segera berlanjut kembali setelah tragedi Kanjuruhan terlihat dari aktivitas sejumlah tim yang sudah kembali dimulai. Persija Jakarta kembali menggelar latihan pada awal pekan ini. Sementara PSIS Semarang mendatangkan pemain asing untuk diseleksi. *ant

Komentar