nusabali

Arsenal Kontra PSV, Duel Dua Tim Paling Impresif

  • www.nusabali.com-arsenal-kontra-psv-duel-dua-tim-paling-impresif

LONDON, NusaBali
Arsenal akan menjamu PSV Eindhoven, dalam laga tunda matchday 2 Grup A Liga Europa, di Emirates Stadium, London, Jumat (21/10), pukul 01:00 WITA.

Laga tersebut menjadi duel tim paling impresif baik di kompetisi domestik maupun Eropa. Arsenal mengincar kemenangan untuk memastikan pasukan Mikel Arteta finis dua besar dan lolos ke babak berikutnya. The Gunners masih sempurna di Grup A. Usai menaklukkan FC Zurich 2-1, Arsenal mengalahkan Bodo/Glimt 3-0 di kandang dan 1-0 saat tandang. Sedang PSV menghajar FC Zurich 5-1 saat tandang dan 5-0 di kandang, setelah ditahan Bodo/Glimt 1-1 pada laga pembuka.

Kini Arsenal memimpin klasemen dengan 9 poin, diikuti PSV dengan 7 poin. Dua tim ini sama-sama baru main tiga kali. Bodo/Glimt, dengan 4 poin dari empat laga di peringkat tiga, sedangkan FC Zurich jadi juru kunci tanpa poin.

PSV juga tampil impresif di bawah kepelatihan sang mantan strikernya Ruud van Nistelrooy. Bersama eks pemain Manchester United dan Real Madrid itu, PSV memenangi 12 dari 18 laga yang mereka mainkan di semua kompetisi musim ini (M12 S3 K3). PSV saat ini juga di peringkat dua klasemen sementara Eredivisie dengan selisih satu poin di bawah Ajax Amsterdam.

Sedangkan Arsenal lebih fantastis. Selain masih sempurna di Liga Europa, Arsenal juga memimpin klasemen Premier League dengan keunggulan tiga poin atas juara bertahan Manchester City.

PSV memang bukan lawan yang mudah. Namun mereka akan berlaga tanpa diperkuat beberapa pemain utama yang cedera. Arsenal perlu memanfaatkan laga kandang ini untuk meraih hasil terbaik dan memastikan kelolosan.

Arsenal yang sedang on fire ini tidak diduga sebelumnya. Apalagi mengungguli ManCity. Bahkan manajer City Josep Guardiola menyebut Arsenal lebih baik dari timnya untuk saat ini.

The Gunners mungkin tidak selalu bermain baik, tapi terbukti mereka bisa bertahan di puncak klasemen sementara. Arteta juga terbantu dengan sejumlah pemain penting seperti Martin Odegaard dan Gabriel Jesus.

Paling tidak, ada lima aspek yang membuat Arsenal mampu menjaga momentum positif sejauh ini. Pertama, skuad mulai terbentuk. Mikel Arteta mulai menangani Arsenal pada Desember 2019. Setelah beberapa tahun, akhirnya pada musim panas 2022 Arteta memulai musim dengan tim yang sesuai dengan keinginannya.

Skuad yang kian solid berdampak besar terhadap mentalitas para pemain di lapangan. Arsenal yang sekarang tampak jauh berbeda dari musim-musim sebelumnya. Ya, mereka tidak lagi tampak takut memasuki pertandingan.

Salah satu aspek terbaik Arsenal musim ini mungkin terletak pada eksplosivitas para pemain. Skuad muda Arsenal punya semangat juang luar biasa di lapangan.  Skuad yang kian solid itu membuat fans semakin yakin. Fans Arsenal musim ini memberikan warna berbeda di lapangan, mereka memainkan peran pemain ke-12 dengan sangat baik.

Aspek terakhir yang membuat Arsenal sangat tangguh, yakni adanya sejumlah pemain pilar. Arsenal sekarang punya banyak pemain penting di setiap posisi. Mulai kiper Aaron Ramsdale, duet duet William Saliba dan Gabriel Magalhaes di jantung pertahanan. Di lini tengah Arsenal punya Thomas Partey  dan Odegaard. Lalu lini serang Arsenal begitu tangguh dengan Buyaku Saka, Gabriel Martinelli, dan Gabriel Jesus. *

Perkiraan Pemain
Arsenal (4-3-3):Turner; Tierney, Magalhaes, Holding, White; Xhaka, Lokonga, Vieira; Nelson, Nketiah, Saka. Pelatih: Mikel Arteta.
PSV Eindhoven (4-2-3-1):Benitez; Max, Obispo, Ramalho, Mwene; Gutierrez, Sangare; Gakpo, Veerman, Simons; Guus Til. Pelatih: Ruud van Nistelrooy.

Komentar