nusabali

Rendah, Capaian Rertribusi Parkir di Buleleng

  • www.nusabali.com-rendah-capaian-rertribusi-parkir-di-buleleng

SINGARAJA, NusaBali
Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir di Buleleng tahun 2022, masih rendah.

Data dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng, hingga dua bulan jelang akhir tahun ini, capaian retribusi parkir masih di bawah 35 persen.  Dishub Buleleng mencatat, retribusi parkir mencapai 30 persen lebih dari target yang sudah dicanangkan pada APBD Buleleng tahun 2022. Jumlah kendaraan yang tercatat di UPTD Pajak dan Retribusi Daerah Buleleng sebanyak 78 ribu lebih. Hanya saja, masih ada waktu dua bulan untuk mengejar capaian maksimal.

Kepala Dishub Buleleng Gede Gunawan Adnyana Putra mengatakan, rendahnya capaian retribusi parkir dikarenakan target yang dipasang terlalu tinggi. "Memang target yang dipasang tahun ini lumayan tinggi. Potensi pemasukan dari retribusi parkir menurun. Penyebabnya, ada beberapa hal," kata Gunawan, Rabu (19/10) siang.

Dia menjelaskan, dasar hukum pungutan retribusi parkir baik parkir tepi jalan umum (TJU) serta retribusi parkir khusus, yakni Surat Keputusan (SK) Bupati Buleleng. Bahkan SK ini diperbaharui setiap tahun dengan melihat potensi parkir. Untuk target retribusi parkir di APBD Bulelelg tahun 2022 sebesar Rp6 miliar.

Angka itu dibagi dua, yakni retribusi parkir TJU sebesar Rp 5 miliar dan retribusi parkir khusus sebesar Rp 1 miliar. "Jadi 2 bulan jelang tutup tahun pendapatan dari sektor ini tercapai 33 persen atau Rp1,65 miliar untuk retribusi parkir TJU. Sedangkan dari retribusi parkir khusus tercapai 30 persen yakni Rp 350 juta lebih," ujar Gunawan.

Menurut Gunawan, ada beberapa penyebab capaian retribusi parkir masih rendah. Seperti, lost potensi yang sudah membuat target tidak tercapai. Artinya, lokasi yang telah ditunjuk sebagai lokasi pendulang pemasukan retribusi parkir, masih sepi. "Pendapatan retribusi parkir fluktuatif tergantung kondisi. Lost potensi lainnya yakni lokasi parkir dikelola oleh pihak ketiga," sebutnya.

Meski begitu pihaknya mengaku akan melakukan upaya maksimal, sehingga capaian yang dibebankan kepada Dishub Buleleng tidak berjarak jauh dari targetnya. "Ya tahun ini targetnya naik, namun capaiannya menurun. Kami akan berusaha optimal untuk menarik retribusi parkir di waktu terisa dua bulan ini," pungkas Gunawan. *mz

Komentar