nusabali

Pemkot Denpasar Kembali Gelar D'Youth Fest dan Denfest

  • www.nusabali.com-pemkot-denpasar-kembali-gelar-dyouth-fest-dan-denfest

DENPASAR, NusaBali
Dua event bergengsi yakni Denpasar Festival (Denfest) dan Denpasar Youth (D’Youth) Fest kembali digelar Pemerintah Kota Denpasar pada Oktober dan Desember 2022.

Persiapan kedua event ini dibahas Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, Sekda Ida Bagus Alit Wiradana, tim event, dan Kepala Dinas Pariwisata Denpasar MA Dezire Mulyani didampingi Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf I Wayan Hendaryana, di Kantor Walikota, Rabu (19/10).

D’Youth Festival yang ke-2 akan berlangsung selama tiga hari, 28–30 Oktober 2022. Sementara Denpasar Festival yang tahun ini memasuki pelaksanaan ke–15 akan berlangsung selama lima hari, 21–25 Desember 2022.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Jaya Negara menekankan event agar dikemas dengan rapi dan baik, serta memperhatikan kenyamanan pengunjung. D’Youth Festival yang dipusatkan di dua lokasi yakni Dharmanegara Alaya dan Lapangan Lumintang, agar memperhatikan tingkat keamanan dengan berkoordinasi dan komunikasi dengan pihak TNI dan Polri.

Di samping itu keterlibatan peran serta IKM/UKM agar dilakukan kurasi secara cermat oleh tim yang telah ditetapkan, sehingga memberikan nuansa baru serta tidak ada kesan monoton.

“Event D’Youth Fest dan Denfest yang akan melibatkan ribuan seniman, musisi, dan pengisi acara diperkirakan mampu menyedot puluhan ribu pengunjung, agar dipersiapkan dengan baik. Saya minta dikoordinasikan dan dikomunikasikan dengan baik dengan semua stakeholder serta memperhatikan tingkat keamanan dan kebersihan,” ujar Walikota Jaya Negara.

Di samping itu agar memperhatikan kantong-kantong parkir pengunjung, serta kesiapan toilet umum maupun tempat pembuangan sampah sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung.

Dezire Mulyani didampingi Hendaryana menyampaikan persiapan dua event telah dilakukan sejak bulan lalu. D’Youth Festival 2.0 Tahun 2022 ditandai dengan opening ceremony akan melibatkan 500 anak muda dari tingkat SMP, SMA serta dari komunitas di Lapangan Lumintang, Denpasar Utara.

Event ini melibatkan 25 produk UMKM/IKM lokal, dan 31 talent music. Beberapa group music top seperti SID, Pee Wee Gaskin, Scared Of Bums, dan group band terkemuka lainnya akan memeriahkan D’Youth Fest. Selain di Lapangan Lumintang, beberapa kegiatan juga dilaksanakan di Gedung Dharmanegara Alaya seperti talk show, hingga tattoo competition.

Sementara untuk event Denpasar Festival ke-15 akan kembali digelar di kawasan Catur Muka, hingga areal kawasan Jalan Gajah Mada dan Jalan Veteran. Setelah sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, tahun ini Denfest hadir dengan mengangkat tema ‘Tejarasmi’ yang mengandung makna Cahaya Keindahan.

Gelaran Denfest melibatkan sekitar 45 stand yang terdiri dari stand kuliner, stand craft, kreatif dan komunitas, serta beberapa stage pertunjukan budaya dan musik. “Denfest ini merupakan puncak dari kegiatan seni, budaya, dan kreatifitas serta merupakan perpaduan dengan ekonomi kreatif sebagai suguhan akhir tahun Pemkot Denpasar,” kata Dezire Mulyani. *mis

Komentar