nusabali

Bersihkan Material Sampah dan Bagikan Sembako untuk Warga, Personel Kodam Udayana Turun ke Jembrana

  • www.nusabali.com-bersihkan-material-sampah-dan-bagikan-sembako-untuk-warga-personel-kodam-udayana-turun-ke-jembrana

DENPASAR, NusaBali
Personel Kodam IX/Udayana turun ke lokasi bekas banjir bandang di Jembrana, Rabu (19/10).

Para personel Kodam Udayana dari Kodim 1617/Jembrana dan Yonif Mekanis 741/GN turun ke lokasi bencana untuk membersihkan material sampah yang terbawa banjir bandang di Pasar Melaya, Kecamatan Melaya.

Tak hanya itu, mereka juga membawa bantuan sembako untuk dibagikan kepada warga. Mereka mendirikan posko untuk membagikan sembako dengan melibatkan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXVI Dim 1617/Jembrana.

Selain membersihkan sampah di Pasar Melaya, juga melakukan pembersihan material banjir di Jembatan Tukad Biluk Poh yang merupakan akses penghubung jalan Denpasar – Gilimanuk. Di lokasi tersebut terdapat 6 tiang listrik yang roboh diterjang banjir bandang pada Minggu (16/10).

“Personel gabungan dari TNI dan Polri serta instansi terkait lainnya dikerahkan untuk melaksanakan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas serta evakuasi terhadap warga yang terdampak. Hal itu guna meminimalisir kejadian yang tidak diharapkan sejak awal terjadinya bencana alam tersebut,” kata sumber dari lingkungan Kodam IX/Udayana, kemarin sore.

Selain menyasar pada pembersihan sisa-sisa material banjir berupa kayu dan lumpur yang berada di atas dan bawah jembatan, juga menyasar fasilitas umum terdampak yang berada di sekitaran bencana. Seperti pelaksanaan pembersihan oleh personel TNI bersama warga di halaman dan ruang kelas SDN 4 Yehembang yang masih tertimbun lumpur, sampah, dan genangan air.

Genangan air yang mencapai setinggi 1,5 meter juga mengakibatkan rumah penduduk rusak parah saat diterjang banjir bandang. Beberapa rumah penduduk yang tinggal di pinggir area Sungai Biluk Poh pun tidak luput dari serbuan personel Kodim 1617/Jembrana dan Yonif Mekanis 741/GN yang melakukan pembersihan sisa-sisa material kayu dan lumpur. *pol

Komentar