nusabali

Puan Minta Anggota DPR RI Buka Posko

Bencana Alam Melanda Hampir Seluruh Nusantara

  • www.nusabali.com-puan-minta-anggota-dpr-ri-buka-posko

JAKARTA, NusaBali
Sejumlah daerah diterjang bencana banjir dan longsor beberapa hari terakhir. Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta anggota DPR RI membantu korban bencana.

Tak ketinggalan membuka posko bantuan. Terlebih bila daerah pemilihan mereka terkena bencana tersebut. “Saya meminta anggota dewan yang sedang memasuki masa reses untuk turun dan membantu warga, khususnya anggota DPR yang dapilnya mengalami bencana banjir dan longsor,” ujar Puan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/10).

Anggota dewan juga diminta memperhatikan kebutuhan warga terdampak bencana. Menurut perempuan dari Fraksi PDI Perjuangan ini, para anggota DPR RI dapat membuat posko-posko darurat untuk memfasilitasi masyarakat. “Anggota dewan bekerja sama dengan Pemerintah, Tim SAR, TNI/Polri, maupun relawan harus bisa menghadirkan solusi untuk semua kebutuhan korban banjir dan longsor,” kata cucu Bung Karno itu.

Puan juga meminta Pemerintah fokus terhadap penyelamatan korban dan memberikan bantuan kepada warga terdampak bencana. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan terjadi rekor 76 bencana alam banjir hingga tanah longsor dalam sepekan terakhir. Tercatat, total ada 13 orang meninggal dunia akibat bencana banjir hingga tanah longsor.

Adapun daerah yang diterpa banjir seperti di Bogor, Bandung, Jawa Barat, dan sejumlah wilayah di Jawa Timur seperti Kabupaten Malang, Blitar, dan Banyuwangi. Bencana banjir juga melanda daerah di luar Jawa seperti di Jembrana dan Karangasem, Bali. Longsor pun terjadi di Lombok, NTB.

Banjir menyebabkan ratusan warga sempat terisolir di rumahnya. Ada juga warga yang dilaporkan hilang akibat terseret arus banjir bandang. Infrastruktur seperti jalanan dan jembatan dilaporkan rusak. Banyak juga hewan ternak warga yang mati.

“Pemerintah bersama stakeholder terkait, Tim SAR harus fokus pada penyelamatan korban. Pastikan korban-korban yang hilang ditemukan,” tegas perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Mantan Menko PMK itu juga mengingatkan pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk segera menyalurkan bantuan kepada korban terdampak. Puan mengimbau, pemerintah memberi bantuan kepada warga yang rumahnya rusak dan kehilangan hewan ternak. “Berikan pelayanan terbaik bagi warga, termasuk memperhatikan kebutuhan anak-anak, lansia, ibu hamil dan menyusui. Area pengungsian pun, harus nyaman dan dilengkapi dengan kebutuhan medis bagi warga,” ucap Puan.

Lebih lanjut, Puan meminta pemerintah dan pemangku kepentingan lain untuk selalu siaga dan memitigasi dampak bencana akibat cuaca ekstrem. Masyarakat disarankan agar selalu waspada serta memperhatikan informasi dan peringatan cuaca dari BMKG. *k22

Komentar