nusabali

Karim Benzema Raih Ballon d'Or 2022

Thibaut Courtois Menerima Yashin Trophy

  • www.nusabali.com-karim-benzema-raih-ballon-dor-2022

PARIS, NusaBali
Kapten Real Madrid Karim Benzema resmi meraih Ballon d'Or 2022 dan penghargaan itu diberikan langsung oleh legenda Real Madrid dan pemenang Ballon d'Or 1998 Zinedine Zidane.

Acara penganugerahan Ballon d'Or 2022 dilangsungkan di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis pada Senin (17/10 waktu setempat atau Selasa  dini hari Wita. "Ballon d'Or memang penghargaan individu, tetapi ini juga sebuah penghargaan kolektif. Ballon d'Or ini untuk semua orang," kata Benzema dalam pidatonya usai menerima penghargaan tersebut. "Saya memang selalu ingin memenangkan penghargaan ini," tambah striker Real Madrid ini.

Keberhasilan Karim Benzema menerima Ballon d'Or 2022 tidak lepas dari prestasinya bersama Real Madrid dan timnas Perancis musim lalu. Dia berhasil mencetak 44 gol dari 46 pertandingan bersama Real Madrid di semua kompetisi dan menjadi top skor LaLiga (27 gol) serta Liga Champions (15 gol).

Benzema unggul dari Sadio Mane yang berada di tempat kedua perolehan suara, sedangkan peringkat ketiga ditempati gelandang Manchester City Kevin De Bruyne dan Robert Lewandowski dari Barcelona di urutan keempat.

Sementara itu gelandang Barcelona asal Spanyol, Pablo Gavi resmi merengkuh gelar Kopa Trophy 2022 sebagai pemain muda terbaik di bawah usia 21 tahun. Gavi yang berusia 18 tahun ini berhasil mengalahkan bintang-bintang muda top lainnya seperti Eduardo Camavinga (Real Madrid), Jamal Musiala (Bayern Muenchen), Jude Bellingham (Borusia Dortmund), Nuno Mendes (Paris Saint-Germain) hingga Bukayo Saka (Arsenal).

Gavi memang menjelma menjadi pemain penting Barcelona musim lalu bersama. Dirinya tidak tergantikan di lini tengah bersama Pedri. Total musim 2021-2022 kemarin, Gavi bermain sebanyak 47 kali bersama Barcelona di semua kompetisi. Dengan Gavi meraih Kopa Trophy 2022, maka dua tahun beruntun pemain Barcelona sabet pemain terbaik U-21. Pada tahun sebelumnya rekan Gavi, Pedri yang meraih Kopa Trophy. Ini menjadikan Barcelona sebagai tim pertama yang memenangkan penghargaan Kopa Trophy berturut-turut.

Sedangkan, kiper Real Madrid dan timnas Belgia, Thibaut Courtois menerima Yashin Trophy sebagai kiper terbaik dalam ajang Ballon d'Or 2022. Courtois tampil brilian di final Liga Champions 2021-2022 dengan menggagalkan rentetan peluang emas Liverpool. Courtois total membuat 9 penyelamatan saat Real Madrid memenangkan Liga Champions musim lalu.

Courtois tercatat sebagai pemain Real Madrid pertama yang mampu menyabet Yashin Trophy. Penghargaan yang terinspirasi penampilan legenda penjaga gawang Rusia Lev Yashin itu mulai diberikan pada Ballon d'Or 2019. Saat ditanya tentang target selanjutnya, Courtois berharap bisa memenangkan Piala Dunia bersama tim nasional Belgia. "Kami berharap memenangi Piala Dunia. Pada 2018 kami kalah melawan Prancis," kata Courtois.

Di bagian putri, kapten Barcelona Alexia Putellas kembali meraih penghargaan Ballon d'Or Wanita sebagai Pesepakbola Wanita Terbaik 2022. Sebelumnya, pemain berusia 28 tahun tersebut juga meraih Ballon d'Or Wanita 2021. Putellas sendiri tidak menyangka akan kembali memenangkan trofi ini karena dia sudah absen sejak bulan Juli karena mengalami cedera.

"Untuk mempertahankan penghargaan ini jauh lebih sulit. Ketika saya cedera lutut, saya pikir peluang saya untuk menang telah hilang, tetapi pada akhirnya juri mendasarkan keputusan mereka pada keseluruhan musim lalu, di mana saya hanya absen satu bulan," kata Putellas.

Adapun Alexia Putellas menerima penghargaan Ballon d'Or 2022 usai mengungguli Beth Mead (Arsenal), Sam Kerr (Chelsea), Lena Oberdorf (Vfl Wolfsburg dan Aitana Bonmati (Barcelona).*ant

Komentar