nusabali

Terima Keluhan soal Antrean Pasien, Kari Subali Datangi RSUP Prof Ngoerah

  • www.nusabali.com-terima-keluhan-soal-antrean-pasien-kari-subali-datangi-rsup-prof-ngoerah

DENPASAR, NusaBali
Anggota DPRD Bali I Wayan Kari Subali mendatangi RSUP Prof Ngoerah (RSUP Sanglah) pada Selasa (18/10).

Anggota DPRD dari Partai NasDem ini bermaksud melakukan koordinasi terkait keluhan masyarakat yang disampaikan kepadanya mengenai antrean pasien (poliklinik) yang masih panjang, sehingga menyusahkan masyarakat yang melakukan proses rawat jalan.

Kedatangan Kari Subali sekitar pukul 11.00 Wita diterima Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum dr Ni Luh Dharma Kerti Natih MHSM. Anggota dewan asal Desa Pidpid, Kecamatan Abang, Karangasem, tersebut menyampaikan keluhan yang diterimanya langsung dari sekitar 40-an warga yang merasa antrean di rumah sakit rujukan terbesar di Bali itu terlalu panjang. Pasalnya para pasien tersebut datang bukan saja dari wilayah yang dekat dengan rumah sakit, melainkan dari kabupaten yang tentu saja untuk datang ke RSUP Prof Ngoerah memerlukan waktu tempuh yang tidak sebentar.

“Saya datang ke sini menyelesaikan suatu permasalahan masyarakat, terutama yang antreannya terlalu panjang. Mereka bahkan ada yang harus sampai tujuh kali bolak balik ke sini,” ucap Kari Subali.

Dia mengaku tidak ingin menyalahkan siapa-siapa, namun datang untuk berkoordinasi melihat langsung permasalahan yang terjadi. Menurutnya sudah menjadi tugasnya sebagai anggota DPRD Bali menindaklanjuti pengaduan-pengaduan dari masyarakat. “Saya ke sini mewakili rakyat seluruh Bali yang setuju dengan pemikiran dan pendapat saya, kenapa bisa antreannya panjang, apa kurang alat, alatnya rusak, atau dokternya bagaimana, biar saya tahu,” katanya.  

Dia melanjutkan banyak masyarakat Bali yang masih harus mendatangi rumah sakit pemerintah karena berbiaya lebih murah. Karenanya dia juga maklum dengan kondisi antrean yang cukup panjang di RSUP Prof Ngoerah. Dia setuju jika pihak rumah sakit juga harus terus melakukan pembenahan-pembenahan.

Seluruh elemen rumah sakit diharapkan bekerja sebaik mungkin demi kepentingan masyarakat. “Yang saya minta kepada pak direktur di sini, pada dokter, pada awak rumah sakit, termasuk keamanan, kerja yang benar,” pintanya.

Pihak RSUP Prof Ngoerah mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan anggota DPRD Bali untuk perbaikan RSUP Prof Ngoerah, terutama terkait antrean pasien. Kasubag Humas RSUP Prof Ngoerah Dewa Ketut Kresna menyampaikan, RSUP Prof Ngoerah akan terus melakukan pembenahan-pembenahan baik infrastruktur maupun SDM.

Dikatakannya, sejauh ini RSUP Prof Ngoerah sudah berupaya melakukan beberapa pembenahan untuk mengurai antrean panjang di poliklinik. Misalnya poliklinik yang sebelumnya situasinya kurang nyaman sekarang sudah dibuat menghadap ke depan, ke arah selatan.

“Kami juga sudah mendorong masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas mendaftar secara online yang saat ini sudah bisa diakses mulai dari H-7,” kata Dewa Kresna.

“Kalau dulu orang akan datang sepagi mungkin ke sini dengan harapan mendapatkan antrean nomor satu, sekarang tidak perlu lagi. Masyarakat cukup daftar online, di sana sudah ditentukan jam berapa kira-kira bisa datang, sehingga masyarakat bisa mengatur kedatangannya. Apalagi masyarakat yang jauh dari Negara, Singaraja, akan lebih efektif dengan cara seperti ini,” jelasnya.

Di samping itu, tambah Dewa Kresna, Sub Bagian Humas juga sudah membentuk satuan khusus mobile information. Terdapat tiga orang yang bertugas secara mobile memberikan informasi di sekitar poliklinik.

Jika ada masyarakat yang berkerumun maka akan didatangi petugas mobile information untuk membantu keluhan masyarakat, kendala yang dihadapi masyarakat, atau membantu mendaftar secara online. *cr78

Komentar