nusabali

Longsor di Tista, Senderan Timpa Sanggah

  • www.nusabali.com-longsor-di-tista-senderan-timpa-sanggah

SINGARAJA, NusaBali
Sebuah senderan rumah sepanjang sekitar 20 meter dan tinggi 12 meter, milik I Dewa Nyoman Oka, di Banjar Dinas Munduk Mengenu, Desa Tista, Kecamatan Busungbiu, Buleleng, longsor.

Material senderan ini menimpa sanggah milik I Kadek Sudiana. Musibah itu terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut, Senin (17/10) sekitar pukul 16.30 Wita. Beruntung tak ada korban luka-luka dalam kejadian ini.

Camat Busungbiu Gede Kurniawan menyebutkan, senderan rumah itu longsor hanya menimpa sanggah. Sementara rumah Kadek Sudiana di bawahnya dalam keadaan aman. Longsor terjadi pada sore hari sehingga  pembersihan baru bisa dilakukan esoknya, Selasa (18/10).

Jelasnya, satu keluarga yang palinggihnya kena longsor masih tetap bertahan di rumah. Mereka diimbau agar tetap waspada. Pihaknya belum bisa memastikan jumlah kerugian materiil akibat kejadian ini. "Kami belum bisa memperkirakan kerugiannya berapa. Yang jelas, itu hanya menimpa sanggah saja. Sedangkan, rumahnya aman, tidak tertimpa," ujarnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng Putu Ariadi Pribadi menyampaikan, pihaknya telah menerima laporan kejadian longsor di Desa Tista, Busungbiu. Dari asesmen yang dilakukan, kerugian akibat kejadian ini diperkirakan Rp 100 juta. Karena sejumlah sarana upacara pada sanggah itu hancur.

"Longsor ini karena hujan deras selama tiga hari dan mengakibatkan tembok senderan jebol dan menimpa sanggah di sebelahnya. Kepada keluarga korban kami sudah menyerahkan bantuan logistik berupa terpal, paket sembako, selimut, dan matras," katanya.*mz

Komentar