nusabali

Verifikasi Faktual Hanura Bali Lancar Jaya, Semua Syarat Terpenuhi dan Sesuai SIPOL

  • www.nusabali.com-verifikasi-faktual-hanura-bali-lancar-jaya-semua-syarat-terpenuhi-dan-sesuai-sipol

DENPASAR, NusaBali.com – Meskipun hujan  mengguyur deras Kota Denpasar pada Senin (17/10/2022) pagi, KPU Provinsi Bali dan Bawaslu Provinsi Bali tetap bersemangat melakukan verifikasi faktual hari kedua terhadap partai politik (parpol) di tingkat provinsi.

Salah satu partai yang menjalani verifikasi faktual, Senin (17/10/2022), adalah Partai Hanura. Sama dengan KPU dan Bawaslu yang penuh semangat, pengurus DPD Partai Hanura yang menjalani verifikasi pun bersemangat menantikan tahapan Pemilu 2024, pasca sebelumnya dinyatakan lolos verifikasi administrasi tersebut.

“Kami sudah beberapakali pengalaman menjalani verifikasi KPU dan Bawaslu. Verifikasi faktual ini sudah kami tunggu-tunggu, karena kami benar-benar sudah menyiapkan diri jauh-jauh hari,” kata Ketua DPD Partai Hanura I Kadek Arimbawa.

Hasil verifikasi pun sesuai harapan, karena segala data yang diunggah Hanura ke Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) KPU RI sudah sesuai. 

Pada verifikasi ini KPU Bali mengecek kebenaran keberadaan kantor sesuai alamat data yang diupload pada SIPOL. 

Selain itu dilakukan pengecekan kepengurusan pada unsur ketua, sekretaris dan bendahara. Tiga pucuk pimpinan Hanura Bali, yakni, I Kadek Arimbawa (Ketua), Gde Wirajaya Wisna (Sekretaris) dan Noven Sigit Ari Susanto (Bendahara), menjadi pihak terkait yang harus dicocokkan identitasnya dengan data yang sudah masuk SIPOL. 

“Hasil verifikasi faktual ini kemudian kami akan upload ke Sipol untuk mendapat status dan selanjutnya kewenangan ada di KPU RI,” kata Sri Widhyastini.

Bahkan terkait dengan rasio kepengurusan perempuan pada parpol, Hanura berhasil melebihi ketentuan minimal 30 persen. “Srikandi DPD Hanura Bali malah hamper 50 persen, jadi sudah melebihi ambang batas,” kata Arimbawa.

Sebagai tuan rumah, ketua parpol yang juga dikenal sebagai seniman lawak ini pun mencairkan suasana dengan candaan saat menyambut rombongan dari KPU Bali dan Bawaslu Bali.

Alhasil proses verifikasi berjalan rileks namun tetap serius dan sesuai prosedur.  “Terima kasih sudah disambut dengan baik,” kata Ketua Bawaslu Bali, Ketut Arini.

Ketut Ariyani pun  menerangkan jika kehadiran Bawaslu yang turut menyertai dalam verifikasi faktual ini tak lepas dari peran pengawasan yang dimiliki lembaga yang dipimpinnya. 

“Kami ingin memastikan KPU sudah melakukan verifikasi faktual. Kami ingin memastikan dokumen di Sipol sesuai data. Jadi kami mengawasi juga kesesuaian kepengurusan dan kantor parpol,” ujar Arini.

Sementara itu Sekretaris DPD Hanura Bali Gde Wirajaya Wisna menyatakan keoptimisannya jika partai pimpinan Oesman Sapta Odang (OSO) ini akan lolos sebagai salah satu peserta Pemilu 2024. 

“Mudah-mudahan verifikasi faktual yang akan berlanjut di tingkat kabupaten/kota juga berjalan baik dan lancar. Kami sudah koordinasi dengan DPC-DPC Hanura se-Bali, dan mereka sudah mendapatkan jadwal verifikasi faktual  dari KPUD setempat. Dan mereka menyatakan siap diverifikasi faktual,” tuntas Gde Wirajaya diamini Noven Sigit.

Adapun jadwal verifikasi faktual di tingkat kabupaten/kota dijadwalkan 15 Oktober hingga 4 November mendatang. 


Komentar