nusabali

Temuan TGIPF Akan Disampaikan ke FIFA

  • www.nusabali.com-temuan-tgipf-akan-disampaikan-ke-fifa

JAKARTA, NusaBali
Temuan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan akan disampaikan kepada Presiden FIFA Gianni Infantino, yang rencananya ke Indonesia pada 18 Oktober, untuk membahas tim transformasi sepakbola Tanah Air.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, yang juga Wakil Ketua TGIPF, menanggapi pertanyaan media terkait rekomendasi TGIPF yang meminta agar Ketua Umum dan seluruh jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawaban moral atas Tragedi Kanjuruhan.

Zainudin menegaskan pemerintah tidak dapat mencampuri urusan internal PSSI sehingga memilih untuk membicarakan rekomendasi tersebut terlebih dahulu bersama FIFA selaku induk organisasi internasional yang membawahi PSSI.

Selain itu, Zainudin Amali juga memastikan seluruh stadion sepakbola yang saat ini sedang diaudit pemerintah akan direnovasi dan dibangun kembali dengan mengacu standar FIFA. Zainudin tidak menyebut secara spesifik stadion mana saja yang akan direnovasi.

Namun setelah survei bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Stadion Kanjuruhan, Malang, pemerintah sepakat proses audit akan fokus ke stadion-stadion yang biasa digunakan untuk kompetisi liga sepakbola nasional dan biasa didatangi penonton dalam jumlah banyak.

Menpora memastikan renovasi disesuaikan standar FIFA termasuk penggunaan single seat (kursi tunggal). Menurutnya, hal itu masih rencana dan dalam rancangan. Bisa jadi dimulai tahun depan. *ant

Komentar