nusabali

Pura Desa Adat Basang Be Dibobol Maling, Kendaraan Pratima Raib

  • www.nusabali.com-pura-desa-adat-basang-be-dibobol-maling-kendaraan-pratima-raib
  • www.nusabali.com-pura-desa-adat-basang-be-dibobol-maling-kendaraan-pratima-raib

TABANAN, NusaBali.com - Pura Desa Desa Adat Basang Be, Desa Perean Kangin, Kecamatan Baturiti dibobol maling. Dari peristiwa ini, dua kendaraan pratima yang berisikan perhiasan emas raib.

Pencurian diketahui pada Kamis (13/10/2022) sekitar pukul  07.30 Wita saat Pemangku Pura Desa I Nyoman Subadra yang nyabit di luar pura.

Awalnya Jero Mangku Subadra melihat pintu utama terbuka. Karena curiga, Jero Mangku Subadra langsung mengecek ke dalam pura, ternyata pintu gedong penyimpanan dalam keadaan terbuka.

"Kejadian ini pun langsung dilaporkan ke prajuru adat hingga ke polisi," ungkap Perbekel Desa Perean Kangin, I Ketut Astra.

Lebih mengagetkan saat diketahui dua kendaraan Ida Bhatara Pura Desa berbentuk angsa dan kuda putih tidak ada di tempatnya. Padahal di  kendaraan itu terdapat sejumlah aksesoris emas yakni pada badong. Begitu pula pis bolong yang ada di belakang kendaraan juga raib.

"Untungnya pratima yang berlapis emas tidak dimaling karena ada di dalam peti. Hanya kendaraannya dimaling dengan cara dicabut," jelas Ketut Astra.

Bahkan menurut Ketut Astra, sebelum maling berhasil mencongkel gedong penyimpanan Pura Desa, ternyata maling ini sudah sempat mencongkel gedong penyimpenan  Pura Puseh, namun tidak berhasil.

"Maling ini agak rapi dia, karena pratima dalam keadaan tidak porak-poranda," kata Ketut Astra. "Kami curiga, kemalingan ini terjadi Rabu malam," tambah Ketut Astra.

Atas peristiwa yang meresahkan tersebut, pihaknya berharap aparat kepolisian bisa mengungkap para pelaku, sekaligus mencegah terulangya kejadian serupa. *des

Komentar