nusabali

Siaga Bencana, Polres Kumpulkan Sapras Penanggulangan Bencana

  • www.nusabali.com-siaga-bencana-polres-kumpulkan-sapras-penanggulangan-bencana

TABANAN, NusaBali
Guna mengantisipasi bencana alam di tengah cuaca ekstrem, Polres Tabanan menggelar apel gabungan siaga bencana di Mapolres Tabanan, Rabu (12/10).

Apel ini juga dilakukan untuk mengecek sarana prasarana (sapras) penanggulangan bencana.  Apel dipimpin Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra. "Apel bersama dan pergelaran peralatan dalam rangka penanggulangan bencana alam di Kabupaten Tabanan ini dilaksanakan adalah dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam. Bencana mungkin bisa timbul karena dampak dari cuaca ekstrem," ujar Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra.

Menurutnya, seluruh pihak harus waspada. Koordinasi dan komunikasi ditingkatkan dalam proses antisipasi bencana sekarang. "Penanggulangan bencana ini agar lebih terkontrol dan terkendali. Dalam penanganan bencana alam ini perlu adanya sinergitas dan soliditas dengan turun secara bersama-sama sehingga pekerjaan akan terasa ringan serta tetap melaksanakan kerja sama, memberikan himbauan, kepada masyarakat sekitar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan." tegasnya.

Dia menyebut cuaca ekstrem mulai melanda di beberapa daerah di Indonesia, termasuk Tabanan. Dirinya minta agar masyarakat selalu waspada dan berhati-hati. Jika terjadi hujan lebat dan banjir di jalan raya, hendaknya mencari tempat yang aman, jangan memaksakan jika tidak mungkin bisa dilewati kendaraan. "Carilah tempat berteduh di tempat yang aman dan berada di ketinggian," pesannya.

Selesai apel lesiapsiagaan bencana, Kapolres Tabanan melakukan peninjauan terhadap sarana dan prasarana penanggulangan bencana yang digelar di halaman Mapolres Tabanan. Kapolres didampingi perwakilan Kodim 1619/Tabanan, BPBD Tabanan, Dinas Kesehatan, PUPR Kabupaten Tabanan dan pejabat Polres Tabanan serta kapolsek jajaran. *des

Komentar