nusabali

Ronaldo Cetak Gol ke-700, MU Pukul Everton

  • www.nusabali.com-ronaldo-cetak-gol-ke-700-mu-pukul-everton

LIVERPOOL, NusaBali
Manchester United (MU) kembali ke trek kemenangan pada pekan ke-10 Liga Primer Inggris 2022/2023.

Ya, MU mengalahkan tuan rumah Everton 2-1, di Goodison Park, Liverpool, Senin (10/10) dinihari WITA. Kemenangan itu ditandai sukses bintang MU Cristiano Ronaldo ‘pecah telur’ untuk timnya, yang menandai gol ke-700 di level klub.

Tuan rumah sempat unggul cepat melalui Alex Iwobi pada menit ke-6. Lalu MU menyamakan 1-1 melalui Antony di menit ke-15. Ronaldo membawa MU berbalik unggul di menit ke-44. Ini gol pertama Ronaldo dalam Liga Primer Inggris musim ini.

Laga dihiasi dua gol MU dianulir. Pertama gol Bruno Fernandes di menit ke-36. Wasit menganggap Ronaldo lebih dulu terjebak offside. Lalu gol MU menit ke-82, yang dianulir karena VAR memastikan Marcus Rashford handball sesaat melewati tekel bek James Tarkowski.

Sampai laga berakhir, skor tak berubah. Kemenangan itu membawa MU naik ke posisi lima dengan lima poin. Sedangkan Everton mengumpilkan 10 poin dari 9 laga.

Meskipun menang, manajer MU Erik Ten Hag mengeluhkan performa timnya. Dia menuntut timnya mampu mencetak lebih banyak gol, yakni setidaknya tiga gol ke gawang Everton, seharusnya MU bisa mencetak setidaknya gol ketiga.

"Kami harus mencetak gol ketiga. Kami menciptakan begitu banyak peluang bagus sehingga saya ingin melihat tim mencetak lebih banyak gol, sehingga pelatih bisa duduk santai di bangku cadangan dan menonton pertandingan," kata Erik Ten Hag.

Sementara itu, keberhasilan Ronaldo mencetak gol di gawang Everton sekaligus menandai keberhasilnya mencapai torehan 700 gol di level klub sepanjang kariernya. Ronaldo mengungguli Lionel Messi di level klub, dengan sembilan gol. Messi yang mencetak lima gol di musim ini bersama Paris Saint-Germain (PSG) mencatatkan 691 gol di level klub.

Penyerang subur lainnya, Robert Lewandowski tertinggal cukup jauh. Walaupun moncer bersama Barcelona sebagai klub barunya, penyerang 34 tahun itu baru mencetak 521 gol di level klub.

Lebih lanjut, total 700 gol dibungkus Ronaldo selama membela empat klub berbeda, dengan dua era di MU. Lebih dari separuh dicatatkan Ronaldo bersama Real Madrid. Saat memulai bersama Sporting Lisbon, Ronaldo mencetak 5 gol.  Lalu 118 gol di  MU (era pertama), 450 gol di Real Madrid, 101 gol di Juventus, dan 26 gol di MU (era kedua).

Sedangkan 450 gol Ronaldo di Madrid menjadi catatan terbaiknya di level pribadi. Yakni, Ronaldo menjadi top scorer sepanjang masa Los Blancos selama 9 musim. Jadi, jika diambil rata-rata, Ronaldo tercatat mencetak 50 gol per musim bersama El Real. *

Komentar