nusabali

Tabanan Kembali Dipasok Vaksin Covid-19

  • www.nusabali.com-tabanan-kembali-dipasok-vaksin-covid-19

TABANAN, NusaBali
Hampir sebulan mengalami kekosongan vaksin Covid-19, Kabupaten Tabanan kembali mendapat distribusi vaksin,  Senin (10/10).

Vaksin Pfizer ini akan didistribusikan ke pelayanan kesehatan untuk melayani masyarakat.  “Jumlah yang diterima sebanyak 33 vial dengan masing-masing vial berisi 12 dosis," ujar Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr Nyoman Susila.

Vaksin disebar ke pelayanan kesehatan, utamanya Puskesmas,  yang memiliki jadwal pelaksanaan vaksin. "Masing masing faskes sudah buat jadwal. Itu dibagi sesuai dengan jadwal," kata Susila.

Vaksin yang sudah didistribusikan sebagian besar akan digunakan melayani vaksin booster, karena sudah jarang ditemui masyarakat yang belum mengikuti vaksin. "Melayani booster paling banyak, karena sekarang masyarakat lebih banyak yang belum vaksin booster. Kalau vaksin tahap I dan II sudah jarang yang belum," akunya.

Hanya saja mengenai jumlah presentase masyarakat Tabanan secara total yang belum melakukan vaksinasi masih tengah dihitung. "Data baru diketahui Selasa pagi," imbuh mantan Direktur RSUD Tabanan ini.

Sebelumnya stok vaksin di Tabanan megalami kekosongan sejak 18 September 2022. Meskipun stok vaksin kosong, sebenarnya capaian vaksinasi di Tabanan sudah tinggi.  Vaksinasi I sudah mencapai 98,62 persen, vaksinasi II 93,07 persen,  vaksin III atau booster 74,52 persen, dan Vaksin IV atau booster II untuk tenaga kesehatan 81,40 persen.

"Capaian vaksinasi kita di Tabanan sudah tinggi, hampir menyentuh sasaran," kata Susila.  Namun diakui meskipun sudah mencapai presentase tinggi memang masih ada yang belum melaksanakan vaksinasi karena sejumlah faktor. Utamanya adalah sedang sakit berat. Ada juga yang masih menunggu rentang waktu untuk disuntik dari vaksin sebelumnya. *des

Komentar