nusabali

Hujan Lebat Picu Bencana Alam di Bangli, 14 Titik Jalan Rusak Telan Rp 6,5 miliar Lebih

  • www.nusabali.com-hujan-lebat-picu-bencana-alam-di-bangli-14-titik-jalan-rusak-telan-rp-65-miliar-lebih

Dari 14 titik kerusakan jalan itu secara keseluruhan perlu dibangun Dinding Penahanan Tanah (DPT).

BANGLI, NusaBali

Hujan lebat mengguyur Bangli belakangan ini mengakibatkan jalan rusak di beberapa titik. Sejumlah akses jalan di Bangli rusak, yakni bahu jalan amblas hingga jalan putus total. Perbaikan jalan rusak ini akan menelan anggaran miliaran rupiah.

Sampai Minggu (9/10), terdata jalan rusak di 14 titik tersebar di empat kecamatan. Estimasi anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan fasiltas jalan dan bangunan pendukung, Rp 6,5 miliar lebih. Kabid Bina Marga, Dinas PUPR Perkim Bangli I Wayan Lega Suprapto mengatakan dari 14 titik kerusakan itu, terparah di jalan Bengang - Payuk, Kecamatan Tembuku. Jalan penghubung dua dusun tersebut putus dan tidak bisa dilalui. Badan jalan ini panjang 15 meter, lebar 6 meter dengan ketinggian 7 meter, amblas. "Untuk perbaikan jalan tersebut diperkirakan memerlukan anggaran sekitar Rp 1,25 miliar,” jelasnya, Senin (10/10).

Lanjut  Lega Suprato, hujan lebat juga mengakibatkan bahu jalan Songan – Belandingan, Kecamatan Kintamani, ambrol. Namun, untuk sementara jalan masih bisa dilewati kendaraan. Untuk mempertahankan badan jalan itu, perlu dibuat dinding penahanan tanah (DPT). Estimasi anggaran yang dibutuhkan untuk pembuatan DPT berikut sarana pendukungnya, sekitar Ri 1,1 miliar lebih.

"Tofografi Bangli yang berada di dataran tinggi dengan struktur tanah berpasir memang riskan terjadi longsor saat musim hujan," kata Wayan Lega, didampingi petugas Bidang Teknik Jalan dan Jembatan, I Wayan Miarsa.

Menurut pejabat asal Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani ini, dari 14 titik kerusakan jalan itu secara keseluruhan perlu dibangun DPT. "Anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan fasilitas jalan berikut bangunan pendukung di 14 titik, sekitar Rp 6,5 milair lebih," ujarnya.

Untuk perbaikan jalan di 14 titik tersebut, Pemkab Bangli akan mengajukan permohonan bantuan ke Pemprov Bali. “Kami sebatas membuat rekapitulasi dan estimasi kerugian aset jalan. Nanti permohonan bantuan ke Pemprov akan difasilitasi lewat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bangli," terangnya. *esa

Komentar