nusabali

100 Ribu Benih Nila Ditebar di Danau Batur

  • www.nusabali.com-100-ribu-benih-nila-ditebar-di-danau-batur

Sebanyak 100 ribu benih ikan nila dilepas di Danau Batur, Kintamani, Jumat (28/4).

BANGLI, NusaBali
Penebaran benih ikan nila ini bertujuan restocking ikan di perairan danau terluas di Bali tersebut. Asisten III (Bidang Administrasi Umum) Pemkab Bangli I Wayan Warta Megantara, mengatakan, dengan penebaran benih ini stok ikan di Danau Batur mencukupi. Dikatakannya, sebagai perairan umum, peran dan fungsi Danau Batur sebagai sistem akuatik mesti tetap dijaga.

“Jangan sampai mengalami krisis ikan akibat eksploitasi. Ini juga akan membantu pemenuhan protein hewani dan peningkatan perekonomian masyarakat,” ujar Warta Megantara didampingi Kadis Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKPP) Kabupaten Bangli I Wayan Sukartana.

Warta Megantara meminta warga sekitar bersama-sama membantu kondisi ekosistem  Danau Batur, baik dalam konteks pelestarian ekosistem sekaligus sumber pendapatan perekonomian warga.

Kadis PKPP Wayan Sukartana mengatakan penebaran benih ikan di perairan umum, dalam hal ini di Danau Batur dilakukan berkelanjutan. “Ini berlangsung dari tahun ke tahun,“ ujar Sukartana.

Untuk tahun 2017 ini, rencananya tiga tahap. Selain, Jumat (28/4), dari pinggiran dermaga Kedisan di Desa Kedisan, penebaran susulan akan dilakukan Agustus nanti dari pinggiran Desa Buahan dan Desa Abang Batudinding, masing-masing nanti sebanyak 50 ribu ekor. Sedang 100 ribu ekor akan ditebar kembali pada September. “Rencananya dari pinggiran Pura Hulun Danu di Songan,” papar Sukartana. Penebaran benih nila dilakukan bersama warga yang notabene petani ikan setempat. * k17

Komentar