nusabali

Dinas Kebudayaan Gelar Aksiku Selama Empat Hari

  • www.nusabali.com-dinas-kebudayaan-gelar-aksiku-selama-empat-hari

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Kebudayaan Klungkung menggelar Atraksi Melestarikan Seni dan Kebudayaan (Aksiku) di alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Kota Semarapura, Klungkung selama empat hari dari tanggal 12-15 Oktober 2022.

Event tahunan ini diisi dengan pameran UMKM, kuliner, lomba gong kebyar, baleganjur, dan lainnya. Aksiku mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) non fisik Rp 300 juta. Sementara gong kebyar mendapatkan dana Rp 320 juta dari APBD Klungkung.

Kadis Kebudayaan Klungkung, Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana mengatakan, Pemkab Klungkung ingin memfasilitasi para seniman di Klungkung untuk menunjukkan atraksi seni sekaligus melestarikan kebudayaan khas Klungkung. Selain beri ruang untuk pentas, Aksiku juga usaha mengenalkan budaya tak benda di Kabupaten Klungkung. Pemkab Klungkung mengajukan sejumlah budaya tak benda ke pemerintah pusat.

“Aksiku sejalan dengan salah satu visi misi Bupati Klungkung yakni eksistensi adat dan budaya di Kabupaten Klungkung,” jelas Ida Bagus Jumpung, Kamis (6/10). Selama Aksiku, panitia menggelar lomba gong kebyar, lomba baleganjur, lomba bapang barong, pameran UMKM, kuliner, dan lainnya. “Kami berharap kegiatan Aksiku bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat luas,” harap Gus Jumpung sapaan akrab Kadisbud Klungkung ini. *wan

Komentar