nusabali

Sosialisasi Electronic Customs Declaration (E-CD) Nasional, Bea Cukai Ngurah Rai Kumpulkan Seluruh Maskapai

  • www.nusabali.com-sosialisasi-electronic-customs-declaration-e-cd-nasional-bea-cukai-ngurah-rai-kumpulkan-seluruh-maskapai

MANGUPURA, NusaBali
Bea Cukai Ngurah Rai menggelar sosialisasi implementasi Electronic Customs Declaration (E-CD) Nasional, Rabu (5/10).

Kegiatan yang digelar di Aula Lantai 3, Gedung Bea Cukai Ngurah Rai itu dihadiri oleh seluruh maskapai penerbangan internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kuta, Badung.  Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai, Mira Puspita Dewi mengatakan sosialisasi tersebut sangat penting selain sebagai penyebaran ketentuan juga sekaligus sebagai media menyatukan visi guna menghimpun langkah bersama memberikan extra effort untuk Bali yang tengah bangkit dari pandemi.

“Kondisi Bali yang mulai bangkit kembali ini patut kita syukuri. Namun bersyukur saja tidak cukup, kita perlu melakukan langkah strategis menjamin bangkitnya Bali ini dapat lancar dan tidak terhambat, salah satunya penerapan penyampaian dokumen Customs Declaration secara elektronik. Sosialisasi ini selain untuk memberikan penyegaran ketentuan kepabeanan dan cukai atas barang bawaan penumpang, juga untuk menyepakati langkah bersama terkait implementasi E-CD," ungkap Mira Puspita Dewi.

Dikatakannya, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai telah memiliki Aplikasi E-CD yang akan diimplementasikan pada seluruh Bandara Internasional di Indonesia. Aplikasi E-CD Nasional dapat diakses melalui laman web (web-based) https://ecd.beacukai.go.id. “Mulai 6 Oktober (kemarin) website E-CD Bea Cukai Ngurah Rai kami non-aktifkan. Kepada seluruh maskapai diminta beralih ke E-CD Nasional yang dapat diakses di alamat ecd.beacukai.go.id," tuturnya.

Atas peralihan ini, Bea Cukai Ngurah Rai tidak berdiam diri, tetapi melakukan pendampingan dan monitoring serta evaluasi kendala-kendala yang dihadapi secara berkala. Dari bidang kehumasan juga mensupport lewat penyebaran informasi baik melalui media sosial, maupun melalui penyediaan papan informasi di bandara.

Pada sosialisasi yang juga dihadiri oleh Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai, Kantor Wilayah DJBC Bali, NTB, dan NTT, Saut Mulia, Ketua Airlines Operator Committee Bandara Ngurah Rai, Putu Deddy, Co-GM PT Angkasa Pura I (Persero), Rully Artha, dan Kepala Bidang Keamanan Angkutan Udara dan Kelaikudaraan Otoritas Bandara Wilayah IV, Fuadani tersebut, berhasil mendapatkan komitmen dari berbagai pihak untuk menyukseskan upaya digitalisasi penyampaian Customs Declaration melalui E-CD Nasional. *pol

Komentar