nusabali

KTT G20, Kodam IX/Udayana Terjunkan 6.000 Personel

HUT ke-77 TNI, Kapolda Bali Bawakan Pangdam Nasi Tumpeng

  • www.nusabali.com-ktt-g20-kodam-ixudayana-terjunkan-6000-personel
  • www.nusabali.com-ktt-g20-kodam-ixudayana-terjunkan-6000-personel

DENPASAR, NusaBali
Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto tegaskan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi saat ini adalah menyukseskan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20) yang puncaknya pada 15-16 November 2022.

Tak tanggung-tanggung Kodam XI/Udayana menerjunkan 6.000 lebih personel untuk bergabung dengan unsur keamanan lainnya untuk mengamankan agenda internasional tersebut. Hal ini disampaikan Pangdam Mayjen Sonny Aprianto usai upacara HUT ke-77 TNI yang digelar di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala, Denpasar, Rabu (5/10) pagi. Dikatakannya, Kodam IX/Udayana, Lanal Denpasar, Lanud Ngurah Rai, Polda Bali, Pemprov Bali bahu-membahu menyiapkan pengamanan sematang-matangnya.

"Kita sudah berulang kali melaksanakan gladi dan peninjauan medan. Kita menghindari seminimal mungkin celah-celah yang kosong yang bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tak bertanggungjawab," tegas jenderal bintang dua di pundak ini.

Lebih lanjut mantan Deputi III Bidang Kontra Intelijen BIN periode 2021-2022 ini mengungkapkan Kodam XI/Udayana menurunkan 6.000 lebih personel. Rinciannya, Satgas Pamwil sebanyak 4.000 lebih personel. Satgas evakuasi 2.000 lebih personel. "Dari Mabes Angkatan Darat, Mabes Angkatan Laut, Mabes Angkatan Udara juga menurunkan personel masing-masing," beber lulusan Akmil 1990 ini.

Sementara suasana penuh keakraban terlihat saat upacara HUT ke-77 TNI yang digelar di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala, Denpasar, Rabu kemarin. Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra datang mengikuti rangkaian upacara dan langsung mengucapkan selamat HUT ke-77 TNI kepada Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto. Peringatan HUT ke-77 TNI bertema ‘TNI Adalah Kita’.

Tak hanya itu, Kapolda juga datang dengan beberapa anak buahnya membawakan tumpeng. Tumpeng ucapan selamat HUT ke 77 TNI itu langsung dipotong oleh Kapolda dan diberikan kepada Pangdam. Momen keakraban dari kedua pucuk pimpinan TNI dan Polri di Bali ini mendapat sambutan tepuk tangan para tamu undangan.

Selain Kapolda Bali, turut hadir juga dalam upacara yang dikuti oleh 1.500 prajurit TNI itu adalah Gubernur Bali Wayan Koster, segenap unsur Forkopimda, pejabat utama di lingkungan Kodam IX/Udayana, dan tamu undangan lainnya. Sementara peserta apel, selain prajurit TNI, hadir juga perwakilan dari Polda Bali, Satpol PP, Pecalang, dan pelajar Pramuka.  

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dalam amanatnya menekankan satu pesan penting, yakni prajurit TNI dan PNS TNI untuk bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok TNI. Penekanan ini harus dijalankan untuk menjawab kepercayaan tinggi dari masyarakat terhadap TNI.

Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto menyampaikan hasil survei dari beberapa lembaga kredibel menempatkan TNI mendapatkan kepercayaan dan kepuasan publik yang sangat tinggi.

Dalam amanat itu disebutkan tiga lembaga survei. Pertama, hasil survei dari Lembaga Indikator Politik Indonesia yang dirilis 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik dengan nilai 93,2 persen.

Kedua, hasil survei kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia yang dirilis 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93 persen. Ketiga, hasil survei dari lembaga survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tentang kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi yang dirilis 27 September 2022 mendapat nilai 93,5 persen.

"Saya mengimbau kepada seluruh prajurit dan PNS TNI untuk menjaga kepercayaan masyarakat sesuai dengan hasil survei lembaga survei tersebut dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok TNI," tegas Jenderal Andika Perkasa menutup sambutannya yang dibacakan Pangdam Mayjen Sonny Aprianto.

Dalam upacara yang dikomandani oleh Danyonif Raider 900/SBW Letkol Inf Deden Ika Drajat kemarin diselipkan juga Penganugerahan Tanda Kehormatan Negara Republik Indonesia berupa Bintang Kartika Eka Paksi Nararya kepada Mayor Chb Abdul Aziz, Satyalencana Kesetiaan 24 Tahun kepada Kapten Cba Kadek Haryana, Satyalencana Kesetiaan 16 Tahun kepada Serda TTU Edi Suyitno dan Satyalencana Kesetiaan 8 Tahun Kepada Praka Bagus Pambudi.

Usai Upacara, kegiatan dilanjutkan dengan Acara Syukuran HUT ke 77 TNI. Dalam kesempatan tersebut, Pangdam IX/Udayana didampingi Danlanal Denpasar dan Danlanud Ngurah Rai secara simbolis menyerahkan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada 10 orang dari masing-masing kabupaten/kota se Provinsi Bali. 10 orang penerima Rehab RTLH itu, yakni I Wayan Lanyah (Buleleng), Ni Nyoman Keted (Klungkung), Siti Fatimah (Badung), I Nyoman Suningsih (Gianyar), Made Arni (Jembrana), I Ketut Sutia (Jembrana), Suhartik (Jembrana), Ni Made Landri (Tabanan), I Nyoman Rinsem (Karangasem) dan I Wayan Kanggo (Bangli). *pol

Komentar