nusabali

DPC Gerindra Bidik 8 Kursi Dewan

Siapkan Karpet Merah untuk Para Tokoh Masyarakat

  • www.nusabali.com-dpc-gerindra-bidik-8-kursi-dewan

DENPASAR, NusaBali
DPC Partai Gerindra Kota Denpasar membidik 8 kursi DPRD Denpasar pada Pemilu 2024 alias naik 4 kursi (100 persen) dari perolehan Pemilu 2019 lalu.

Untuk mewujudkan target tersebut, DPC Gerindra membuka pendaftaran caleg (calon legislatif) untuk Pemilu 2024 dengan merekrut para tokoh masyarakat di Denpasar.

“Kami siapkan karpet merah bagi para tokoh masyarakat di Denpasar yang ingin bergabung dengan Gerindra menjadi Caleg DPRD Denpasar maupun Caleg DPRD Bali dapil Denpasar di Pemilu 2024,” ujar  Ketua DPC Gerindra Denpasar, Ida Bagus Yoga Adi Putra di Niti Mandala Denpasar, Rabu (5/10).

Gus Yoga menegaskan, target 8 kursi tersebut tidak muluk-muluk. Sebab elektabilitas Gerindra saat ini sedang menanjak. Terlebih lagi dengan adanya kepastian Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subiyanto akan diusung sebagai Capres (calon presiden), makin membuka optimisme para kader Gerindra merebut suara di Pemilu 2024. “Pada Pileg 2019 kita merebut 4 kursi DPRD Denpasar, nanti 2024 kita target 7 sampai 8 kursi. Optimisme ini tentunya akan kita sambut dengan kerja keras bersama jajaran kader. Semangat puputan (habis-habisan),” ujar putra dari mantan Ketua DPD Gerindra Bali sekaligus anggota Fraksi Gerindra DPR RI periode 2014-2019 almarhum Ida Bagus Putu Sukarta ini.

Sementara untuk kursi DPRD Bali, Gerindra Denpasar bertekad mengembalikan 1 kursi yang hilang pada Pemilu 2019 silam. “Untuk kursi DPRD Bali dapil Denpasar kita akan rebut kembali,” ujar Gus Yoga.

Kata Gus Yoga, DPC Gerindra Denpasar secara resmi membuka pendaftaran bacaleg (bakal calon legislatif) untuk masyarakat umum pada 15 Oktober - 30 November 2022.  "Tadi (kemarin,red) kami rapat bersama pimpinan yang menghasilkan keputusan, bahwa kita buka pendaftaran caleg untuk umum dengan mengajak para tokoh masyarakat bergabung," terangnya.

Ditanya alasan dibukanya pendaftaran secara terbuka, Gus Yoga mengatakan Gerindra adalah partai terbuka. “Dari rakyat untuk rakyat. Jadi tidak ada alasan bagi kami menutup ruang masyarakat yang ingin bergabung menjadi Calon Anggota DPRD.  Namun, kami tetap memprioritaskan kader. Karena kader yang sedari awal kita ajak berjuang bersama Partai. Maka kewajiban partai memperhatikan dan memprioritaskan kader," terang Gus Yoga.

Gus Yoga menegaskan DPC Gerindra Denpasar menyiapkan bacaleg dari sumber non kader atau eksternal sebanyak 20 persen. “Bacaleg yang kita siapkan dari kader (internal) sudah ada 100 persen. Namun untuk memberikan ruang bagi tokoh masyarakat, kita membuka 20 persennya unsur masyarakat umum,” tegas politisi asal Geriya Buruan, Kelurahan Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan ini.

Selain itu, keistimewaan menjadi calon di Partai Gerindra Denpasar, kata Gus Yoga, yakni mendapat uang kompensasi bagi caleg yang gagal lolos namun meraih di atas 500 suara.

"Jadi misal ini, Bapak A meraih suara 520, tidak lolos sebagai anggota dewan, maka partai akan memberi uang bulanan selama satu periode atau 5 tahun sesuai jumlah suara yang didapat. Semakin banyak suara, maka semakin tinggi nominalnya. Yang memberikan kompensasi adalah caleg yang lolos di dapil tersebut," jelasnya.

Ditanya berapa jumlah nominalnya, pemuda satu anak ini menjawab simpel, "Silahkan saja datang ke kantor kami," katanya sambil tertawa.

Keistimewaan lainnya yakni pendaftaran Calon Anggota DPRD dipastikan gratis. "Yang kami minta hanya serius nyalon, berjuang untuk masyarakat dan Kota Denpasar, serta loyal dan patuh terhadap partai," tegasnya.

"Ayo, kepada putra-putri terbaik Kota Denpasar bergabung dengan Partai Gerindra. Bersama-sama kita wujudkan Kota Denpasar yang lebih baik," ajak Gus Yoga. *isu, nat

Komentar