nusabali

Menparekraf Resmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor Bali

UMKM Dilatih Kembangkan Usaha, Digitalisasi dan Masuk Pasar Ekspor

  • www.nusabali.com-menparekraf-resmikan-kampus-umkm-shopee-ekspor-bali

DENPASAR, NusaBali.com - Dimaksudkan sebagai katalis upaya pemulihan dan pertumbuhan ekonomi kreatif melalui akses digitalisasi dan program ekspor, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin Uno, meresmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor Bali, Rabu (5/10/2022).

Kampus yang berlokasi di Jalan Bypass Ngurah Rai nomor 141, Sanur, Denpasar Selatan, melanjutkan kesuksesan 9 kampus Shopee sebelumnya di tanah air, dan menjadi kampus ke-3 yang mengorientasikan pada pasar ekspor, dan diharapkan bisa memacu pertumbuhan ekonomi Bali yang selama lebih dua tahun terdampak pandemi. 

“Kami beri apresiasi dan ucapkan selamat kepada Shopee yang hari ini kita jadikan sebagai momentum UMKM untuk bisa naik kelas,” kata Sandiaga Uno.

Peran Kampus UMKM Shopee Ekspor Bali ini dinilai sangat besar sebagai motor pemulihan sektor ekonomi kreatif. 

“Ekspor UMKM ekonomi kreatif telah menembus hampir USD 25 miliar, dan ini adalah bagian dari kebangkitan kita tentunya melalui ekonomi digital. Visi misi kita dari kerja sama kita dengan Shopee adalah untuk memperkuat UMKM melalui program edukasi dari hulu ke hilir di kampus ini, dengan pendampingan yang menggunakan platform digital,” ujar Sandiaga.

Peresmian serangkaian momen World Conference on Creative Economy 2022 ini juga dihadiri oleh  Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati yang  atas nama Pemerintah Provinsi Bali menyampaikan terima kasih dipilihnya Bali sebagai lokasi ke-10 Kampus UMKM Shopee. 

Wagub Bali berharap sinergitas dapat terus ditingkatkan dalam upaya kita bersama mendorong para pelaku UMKM memasuki pasar digital. "Pelaku ekonomi kreatif dan UMKM di Bali saya yakin mempunyai kreativitas dan inovasi diatas rata-rata. Ini adalah modal utama bagi mereka, namun untuk bisa mengakses digitalisasi, mereka masih membutuhkan bimbingan,” kata Cok Ace, sapaan akrab Wagub Bali. 

“Dengan berdirinya Kampus UMKM Shopee Ekspor Bali, diharapkan akan menjadi wahana untuk meningkatkan praktik digitalisasi, tumbuhnya pemasaran berbasis digital dan hal-hal lain yang masih diragukan oleh UMKM dan pelaku ekonomi kreatif kita,”  lanjut Cok Ace.

Sementara itu Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja menegaskan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM bagi pegiat ekonomi kreatif, khususnya di Provinsi Bali agar bisa memperkenalkan produknya secara global. 

Disebutkan jika banyak cerita sukses dari para lulusan 9 Kampus UMKM Shopee yang telah dihadirkan sejak 2021 lalu. 

“Kami sadar bahwa Bali juga menjadi provinsi penting dengan segudang pelaku ekonomi kreatif, dan kami ingin membantu mereka bisa memanfaatkan teknologi digital Shopee agar bisa bangkit dan naik kelas. Ini waktunya UMKM tidak hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri, tapi juga bisa menembus pasar dunia,” kata Handhika. 

Para pelaku UMKM yang tergabung dalam Shoppe disebutka telah sukses menembus pasar ekspor hingga ke 10 destinasi di Asia dan Amerika Latin.

Terbaru, Chili, Kolombia dan Taiwan menjadi negara tujuan ekspor dari UMKM di Shopee.

“Kami membuka kesempatan bagi ratusan ribu pelaku ekonomi kreatif dan UMKM Bali untuk bangkit, naik kelas, dan menjangkau pasar dunia bersama Program Ekspor Shopee,” kata Handhika. 

Adapun fasilitas dan layanan di Kampus UMKM Shopee Ekspor Bali dapat diikuti dan digunakan secara gratis, antara lain:
  • ● Pelatihan Intensif dengan Berbagai Kurikulum: Pelaku UMKM dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh trainer Shopee terdedikasi, meliputi kelas pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan seller centre, pengembangan usaha, cara mengoptimalkan sistem pemasaran secara digital, Program Ekspor Shopee, serta fitur-fitur penunjang bisnis yang tersedia di aplikasi Shopee.
  • ● Pendampingan Bisnis: Trainer Shopee siap memberikan bantuan terkait administrasi dan operasional toko, hingga peningkatan performa bisnis termasuk pembukuan.
  • ● Fasilitas untuk Pengembangan Usaha:
  • ○ Studio Foto: lengkap dengan peralatan pencahayaan agar UMKM dapat mengambil foto produk yang menarik.
  • ○ Ruang Live Streaming: bagi UMKM yang ingin memanfaatkan fitur Shopee Live (jualan secara live streaming) untuk mempromosikan produk.
  • ○ Fasilitas Penunjang: dapat dimanfaatkan UMKM seperti ruang pertemuan, pusat edukasi dan simulasi sistem gudang, dan area pameran produk.
  • ○ Pojok Ekspor: UMKM bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk program ekspor seperti cara pendaftaran, kriteria produk, prosedur serta hal-hal penunjang ekspor lainnya.

Komentar